Jakarta (ANTARA) -
Beragam peristiwa hukum terjadi di Indonesia, Jumat (27/1), mulai dari Komisi Yudisial mengumumkan 12 calon hakim agung lolos seleksi tahap tiga hingga Pemerintah akan melakukan kasasi terhadap putusan bebas terdakwa kasus KSP Indosurya.
 
Berikut ini lima berita hukum menarik pilihan ANTARA:
 
Komisi Yudisial umumkan calon Hakim Agung lolos seleksi tahap tiga
Komisi Yudisial (KY) Republik Indonesia mengumumkan 12 calon Hakim Agung pada Mahkamah Agung (MA) lolos seleksi tahap tiga atau seleksi kesehatan dan kepribadian.
 
"Tahap ketiga ini meliputi profile assesment, kompetensi, kesehatan, dan hasil rekam jejak," kata Ketua Bidang Rekrutmen Hakim KY Siti Nurdjanah di Jakarta, Jumat (27/1).
 
Selengkapnya baca di sini.

 
Mahfud MD doakan Richard Eliezer dapat hukuman ringan
 
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menyempatkan diri menulis pesan di media sosial pribadinya untuk memberikan dukungan moril kepada tersangka pembunuhan berencana terhadap Brigadir Yosua Hutabarat (Brigadir J), Richard Eliezer.
 
Mahfud mengunggah sebuah foto diri monokrom melalui akun Instagram pribadinya, @mohmahfudmd, pada Jumat (27/1), dengan menuliskan bahwa ia senang atas pembacaan pledoi Eliezer dan mendoakan mantan asisten pribadi Ferdy Sambo itu mendapat hukuman ringan dalam kasusnya.
 
Selengkapnya baca di sini.

 
Kementerian ATR/BPN targetkan sertifikasi 126 juta bidang tanah
 
Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional menargetkan bisa segera menyelesaikan sertifikasi tanah sebanyak 126 juta bidang tanah melalui program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL), kata Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni.
 
"Untuk saat ini sudah ada 101 juta bidang tanah dalam bentuk peta bidang," ujar Juli Antoni didampingi Kepala BPN Kabupaten Kudus Bambang Gunawan usai penyerahan sertifikat tanah wakaf di kompleks perkantoran Yayasan Masjid Menara dan Makam Sunan Kudus, Jawa Tengah, Jumat (27/1).
 
Selengkapnya baca di sini.

 
Mantan Wali Kota Blitar jadi tersangka perampokan di rumah dinas
 
Kepolisian Daerah Jawa Timur menetapkan mantan Wali Kota Blitar Samanhudi Anwar sebagai tersangka kasus pencurian dengan kekerasan atau perampokan di rumah dinas Wali Kota Blitar Santoso pada Desember 2022.
 
"Pada penyampaian pertama saya bilang masih ada episode berikutnya untuk kasus ini dan pukul 03.00 WIB, kami menangkap mantan Wali Kota Blitar berinisial S terkait keterlibatannya dalam kasus 'curas' (pencurian dengan kekerasan) di rumah dinas Wali Kota Blitar Santoso," kata Kapolda Jatim Inspektur Jenderal Polisi Toni Harmanto di Surabaya, Jumat (27/1).
 
Selengkapnya baca di sini.

 
Terdakwa penipuan KSP Indosurya bebas, Mahfud: Kita akan kasasi
 
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menyampaikan Pemerintah akan melakukan kasasi terhadap putusan Mahkamah Agung yang memvonis bebas terdakwa penipuan dan penggelapan Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya.
 
“Kita tidak boleh kalah untuk menegakkan hukum dan kebenaran pemerintah Kejaksaan Agung akan kasasi,” katanya usai Rapat Koordinasi dengan MenKopUKM, Kejaksaan Agung dan Mabes Polri di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta, Jumat (27/1).
 
Selengkapnya baca di sini.
 

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023