Sampai pukul 17.00 WIB, total 107 orang yang sudah divaksinasi
Jakarta (ANTARA) - Puskesmas Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara membuka layanan vaksinasi penguat (booster) kedua atau vaksin dosis keempat untuk masyarakat umum sejak Senin sampai Jumat, setiap pekan dari pukul 16.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB.

Kepala Puskesmas Kecamatan Pademangan dr Oktoviana Carolina di Jakarta Utara, Selasa, mengatakan animo masyarakat menyambut layanan ini pada malam hari tersebut cukup besar.

"Sampai pukul 17.00 WIB, total 107 orang yang sudah divaksinasi. Kemungkinan masih bisa bertambah karena layanan ini berlangsung sampai jam 20.00 malam," katanya.

Octoviana mengungkapkan, jenis vaksin COVID-19 pada booster kedua ini adalah Pfizer.

Pelayanan sore hingga malam khusus di Gedung A dari Senin sampai Jumat, sedangkan Sabtu dan Minggu berlaku jam layanan 08.30 hingga 12.00 WIB.

Baca juga: Jaksel gencarkan layanan vaksin booster kedua di kantor Wali Kota

Sedangkan di Gedung B Puskesmas Kecamatan Pademangan, Puskesmas Kelurahan Ancol, Puskesmas Kelurahan Pademangan Timur dan Puskesmas Kelurahan Pademangan Barat berlaku waktu pelayanan Senin sampai Jumat dari pukul 08.00 -12.00 WIB.

Selain itu, layanan ini terdapat di Rumah Sakit Lapangan Artha Graha Peduli di Ancol dari Senin sampai Sabtu pukul 08.30 sampai 12.00 WIB untuk memudahkan masyarakat mendapatkan layanan itu. 

Octoviana mengatakan masyarakat tetap dapat melakukan vaksinasi penguat kedua walaupun e-tiketnya belum muncul pada aplikasi PeduliLindungi, dengan syarat jarak vaksin booster pertama dengan booster kedua sudah berselang minimal enam bulan.

Selain di Pademangan, Puskesmas Kecamatan Cilincing dan puskesmas kelurahan se-Kecamatan Cilincing juga melangsungkan layanan vaksinasi penguat kedua atau dosis keempat untuk menguatkan perlindungan tubuh terhadap risiko penularan COVID-19.

Untuk memudahkan masyarakat, Puskesmas Kecamatan Cilincing juga membuka kesempatan kepada jejaring perusahaan yang ingin berkolaborasi untuk membuka sentra layanan vaksinasi dinamis (mobile), misalnya di Pos RW, Mal, Lintas Rel Terpadu (LRT), dan Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA).

Baca juga: Puskemas Jaksel siap berikan vaksin "booster" kedua bagi tenaga medis

Jangan tunda
Kepala Puskesmas Kecamatan Cilincing dr Raden Achmad Sigit mengatakan masyarakat umum perlu memanfaatkan layanan vaksinasi penguat kedua ini di sejumlah fasilitas kesehatan di Jakarta Utara ini dengan segera.

"Jangan tunda lagi, segera dapatkan layanan vaksinasi penguat kedua ini di sejumlah fasilitas kesehatan terdekat. Ini penting untuk melindungi diri kita sendiri, keluarga, dan orang-orang di sekitar kita," ujar Raden.

Hingga saat ini, baru ada 70 peserta yang sudah divaksinasi penguat kedua (dosis keempat) di wilayah Kecamatan Cilincing, namun jumlah tersebut diharapkan masih bisa terus bertambah.

"Tujuan dari pemberian vaksinasi ini adalah untuk meningkatkan perlindungan dari COVID-19 yang lebih lama, mengurangi risiko sakit parah, rawat inap dan kematian," kata Raden.

Baca juga: 20 ribuan nakes Jakarta Selatan sudah terima booster kedua

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023