Jakarta (ANTARA) - Kelurahan Sunter Agung, Jakarta Utara memotivasi masyarakat untuk ikut berperan aktif dalam gerakan menanam pohon dengan target 600 pohon ditanam hingga akhir Februari 2023.

"Kami sudah melakukan penanaman pohon sejak Oktober 2022 lalu. Hingga saat ini, sudah sebanyak 301 pohon sudah ditanam di berbagai lokasi di wilayah Kelurahan Sunter Agung," kata Lurah Sunter Agung Danang Wijanarka di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat.

Danang menerangkan penanaman pohon tersebut melibatkan peran serta aktif masyarakat.

"Meskipun beberapa penanaman dilakukan di jalan-jalan raya, namun kami juga menggerakkan penanaman yang dilakukan oleh warga di kawasan pemukiman dengan melibatkan kontribusi RT-RW. Hingga pertengahan Januari 2013 ini, penanaman di kawasan pemukiman telah dilaksanakan di empat RW. Rencana ke depannya, aksi penanaman bakal menyasar seluruh 20 RW se-Kelurahan Sunter Agung," kata dia.

Adapun empat RW yang saat ini berperan aktif dalam penanaman pohon, menurut Danang, ialah RW 01, 04, 05, dan RW 10.

"Kami mempunyai target hingga akhir bulan Februari ini, setidaknya dapat melakukan penanaman pohon jenis pelindung atau produktif sebanyak 600 pohon, " kata Danang.

Sebagai informasi, kegiatan menanam pohon setiap Jumat adalah arahan dari Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono kepada setiap jajaran wilayah administrasi DKI Jakarta, mulai dari Wali Kota, Bupati hingga SKPD lain yang terkait.

Penanaman pohon adalah upaya penghijauan yang diharapkan dapat berdampak pada penyerapan air lebih cepat, keseimbangan alam dan meminimalisir polusi udara.

Penanaman pohon di Sunter Agung turut berkolaborasi dengan pengurus RT-RW di wilayah tersebut sebagai upaya edukasi masyarakat dan ajakan berkolaborasi untuk penanaman pohon tersebut.

“Kami berkolaborasi dengan pengurus RT-RW untuk menanam dan juga penyediaan pohonnya. Setiap harinya diupayakan menanam sepuluh pohon. Semoga saja banyak masyarakat tergugah untuk menanam pohon minimal di lahan kosong sekitar rumahnya masing-masing,” tutupnya.

Baca juga: Risma: Menanam pohon datangkan amal jariah

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023