Jakarta (ANTARA) - Platform streaming musik Spotify bersama perusahaan teknologi lainnya seperti Deezer meminta Uni Eropa menindak Apple atas praktik antikompetisi dan tata kelola yang tidak adil.

Dalam surat bersama yang dialamatkan kepada Wakil Direktur Eksekutif regulator antimonopoli Uni Eropa Margrethe Vestager, Spotify dan pelaku industri digital meminta Eropa bertindak cepat demi kesejahteraan konsumen di kawasan itu, seperti diberitakan Reuters, Kamis.

"Kami menulis kepada Anda supaya Komisi Eropa melakukan aksi cepat dan tegas terhadap praktik antikompetisi dan tidak wajar oleh penjaga gerbang digital global tertentu, pada khususnya Apple," kata mereka.

Surat bersama itu ditandatangani oleh pimpinan platform Proton, Schibsted dan Basecamp.

CEO Spotify Daniel Ek sebelumnya mengatakan Apple "memberikan setiap manfaat, namun, pada saat yang sama melumpuhkan inovasi dan melukai konsumen".

Spotify selama beberapa tahun belakangan menuduh Apple menyalahgunakan posisi dominan mereka di pasar, yaitu menggunakan aturan App Store untuk melumpuhkan persaingan.

Beberapa waktu lalu Spotify mengajukan protes terhadap Apple di sejumlah negara. Platform streaming asal Swedia itu menuduh praktik biaya 30 persen yang harus dibayar pengembang di App Store memaksa mereka menaikkan tarif .

Apple belum memberikan tanggapan atas isu praktik monopoli itu.

Baca juga: Solois Shakira Jasmine jadi duta Spotify EQUAL

Baca juga: Lima konten audio di Spotify untuk kembangkan diri di 2023

Baca juga: Spotify akan buat fitur pelacak lagu olahraga

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2023