bukti komitmen dan pemacu semangat
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Administrasi Jakarta Selatan meraih penghargaan sebagai Unit Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori Pelayanan Prima Lingkup Dukcapil Kabupaten/Kota dengan posisi capaian A dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

"Penghargaan ini sebagai bukti komitmen dan pemacu semangat untuk terus melakukan pembaharuan demi tercapainya pelayanan publik mudah, cepat, dan gratis," kata Kepala Sudin Dukcapil Jakarta Selatan Muhammad Nurrahman saat dihubungi Jakarta, Rabu. 

Nurrahman merinci Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Administrasi Jakarta Selatan terpilih di posisi kelima secara nasional dari 514 Disdukcapil Kabupaten/Kota.

Penghargaan tersebut tertuang pada Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 1035 Tahun 2022 tentang Hasil Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah Daerah Tahun 2022.

Baca juga: Sudin Dukcapil Jaksel rekam ribuan KTP elektronik pelajar selama 2022

Menurutnya, salah satu faktor pihaknya bisa meraih penghargaan itu lantaran memprioritaskan kepastian dalam pelayanan dengan membuka jam pelayanan dari pukul 07.30 hingga 16.00 WIB.

Selain itu, pihaknya juga memberikan pelayanan pada Rabu petang hingga pukul 19.30 WIB pada hari Rabu tiap pekan  kedua dan keempat (minggu akhir) pada tiap bulannya.

Ditambah pula, menurut dia, dengan pelayanannya yang terbilang ramah dan fasilitas loket memadai bagi warga.

Lebih lanjut, Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Administrasi Jakarta Selatan juga memberikan pelayanan secara luring maupun daring melalui aplikasi perpesanan WhatsApp.

Baca juga: Dukcapil Jaksel layani administrasi kependudukan kebakaran Mampang

"Kami juga memberikan pelayanan jemput bola bagi warga yang tak bisa melakukan perekaman KTP seperti orang tua/jompo, disabilitas, orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dan sakit," tambahnya.

Dengan demikian, Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Administrasi Jakarta Selatan berjanji terus meningkatkan pelayanan terbaiknya dan menjadikan penghargaan sebagai motivasi.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023