Jakarta (ANTARA) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menjelaskan gedung olahraga multifungsi Indoor Multifunction Stadium Gelora Bung Karno atau Indonesia Arena segera digunakan untuk penyelenggaraan Piala Dunia FIBA pada Juni 2023.

Fasilitas multifungsi tertutup tersebut sudah tuntas bangun dengan hadirnya Presiden Joko Widodo pada "topping off" Indonesia Arena di Senayan, Jakarta, Jumat.

"Akan dipergunakan oleh Menpora pada bulan Juni untuk kegiatan pertandingan bola basket kejuaraan dunia yang merupakan tuan rumah pertama kalinya dibantu oleh PB Perbasi," kata Erick dalam prosesi "Topping Off" yang disiarkan langsung kanal YouTube resmi Sekretariat Presiden, Jumat.

Erick menjelaskan Indoor Multifunction Stadium GBK merupakan salah satu fasilitas ruang tutup yang terbesar di Indonesia dengan kapasitas penonton mencapai 16.250 tempat duduk.

Gedung ini dibangun oleh Kementerian PUPR sejak April 2021 dan direncanakan selesai pada Juni mendatang.

"Kementerian PUPR membangun dengan sistem 'green building' dengan teknologi hijau dan di sini jg pertama kali Menteri PUPR membangun dengan sistem 7D, dibangun secara komputer AI analyze, jadi langsung pembangunan semua tepat sasaran," kata Erick.

Indonesia Arena memiliki luas bangunan sebesar 50.300 meter persegi dan pembangunannya menghabiskan anggaran senilai Rp639 miliar.

Adapun dalam waktu dekat, Indonesia Arena akan menjadi lokasi penyelenggaraan Piala Dunia FIBA 2023, di mana Indonesia menjadi tuan rumah bersama Filipina dan Jepang.

Indonesia rencananya menyelenggarakan pertandingan fase penyisihan Grup G dan H, serta satu grup untuk putaran kedua.

Salah satu tim yang dipastikan akan tampil di Indonesia Arena adalah Kanada, sebagaimana pengumuman otoritas bola basket dunia, FIBA, pada bulan lalu.

Turut hadir dalam acara tersebut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Hadir pula Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Marciano Norman, serta Ketua Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) Danny Kosasih.


Baca juga: Presiden Jokowi "topping off" Indoor Multifunction Stadium GBK

Baca juga: PUPR targetkan Indoor Multifunction Stadium GBK selesai Juni tahun ini

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023