Jakarta (ANTARA) - Pengurus Pusat Persatuan Tenis Seluruh Indonesia (PP Pelti) berkolaborasi dengan PT MedcoEnergi Power menggelar turnamen bertajuk Medco Power Indonesia International Tennis Championships 2023.

Kejuaraan yang masuk dalam kalender kompetisi resmi Federasi Tenis Internasional (ITF) Men's World Tennis Tour M15 ini bakal menjadi ajang uji coba petenis Indonesia dalam menghadapi event internasional tahun ini.

"Kepengurusan baru ini sudah memutuskan sebaiknya turnamen berbasis internasional, karena yang pertama efisiensi, jika anak-anak kita kirim ke luar negeri tentunya punya cost yang sangat besar. Namun, jika digelar di Indonesia semua bisa punya poin yang bagus," ujar Sekretaris Jenderal PP Pelti Hasbullah Tahir dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis.

Medco Power Indonesia International Tennis Championships, yang berhadiah total 15.000 dolar AS atau sekitar Rp234 juta tiap seri, bakal bergulir dua seri dalam dua pekan di lapangan tenis The Sultan Hotel & Residence Jakarta.

Baca juga: PP Pelti agendakan gelar 18 turnamen pada 2023

"Medco Power Indonesia International Tennis Championships akan diselenggarakan 16-22 Januari, dan pekan kedua 23-29 Januari 2023 di mana turnamen internasional ini berhadiah total 30.000 USD, sehingga satu pekan 15.000 USD," kata direktur turnamen Susan Soebakti.

Merujuk situs kompetisi ITF, Petenis Ukraina Vadyslav Orlov akan menjadi unggulan teratas Medco Power Indonesia International Tennis Championships. Peringkat 393 dunia itu pernah berjaya di Jakarta merebut gelar perdananya di ajang profesional pada empat tahun silam.

"Ini adalah sumbangsih kami untuk tenis Indonesia, semoga olahraga ini kembali menjadi kebanggaan Indonesia," kata CEO PT Medco Power Indonesia Eka Satria yang menjadi sponsor utama turnamen.

Sementara itu, Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari mengapresiasi dua seri penyelenggaraan Medco Power Indonesia International Tennis Championship. Ia berharap turnamen kategori M15 ini dapat menjadi ajang atlet-atlet Indonesia untuk mengasah jam terbang.

"Saya berikan apresiasi setinggi kepada Medco Energy. Kita tak bisa banyak bergerak kalau tidak ada yang support. Medco Energy ini membantu pembinaan prestasi olahraga tenis kita. NOC Indonesia berkomitmen memberikan apresiasi khusus untuk Medco yang telah tampil pioner untuk menjaga prestasi tenis di 2023." ujar Okto.

Baca juga: 10 petenis putra ikuti seleksi tim Piala Davis Indonesia
Baca juga: Dua ganda Indonesia melaju ke perempat final ITF M25 Jakarta

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023