Surabaya (ANTARA) - Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya menjalin kerja sama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Jombang sebagai salah satu persiapan membuka fakultas kedokteran di kampus tersebut.

"Dengan kerja sama ini maka Untag selangkah lagi mewujudkan sumbangsihnya dalam menciptakan patriot bangsa melalui bidang pendidikan fakultas kedokteran," kata Rektor Untag Surabaya Prof Mulyanto Nugroho di Surabaya, Senin.

Ia pun merasa bangga dengan rencana pembukaan Fakultas Kedokteran dan bersyukur karena RSUD Jombang menerima kerja sama ini.

Prof Nugroho, demikian sapaannya, mengaku kampusnya telah menyiapkan pembukaan fakultas kedokteran tersebut selama empat tahun. Selain menyiapkan kerja sama dengan RSUD Kab Jombang, Untag Surabaya juga telah menyiapkan sarana prasarana hingga tenaga dosen.

Baca juga: Untag Surabaya raih Anugerah Instansi Inspiratif Cerdas Berkarakter

Baca juga: TGB Zainul Majdi minta mahasiswa Untag Surabaya jaga toleransi


"Kami mempersiapkan Fakultas Kedokteran ini kurang lebih empat tahun, bahkan struktur juga telah siap, di antaranya sebanyak 26 dosen sebagai dokter spesialis sudah disiapkan dan dekan fakultas kedokterannya juga sudah ada. Beliau adalah dr Poerwadi SpB SpBA," kata dia.

Direktur RSUD Jombang, Ma'murotus Sa'diyah mengatakan pihaknya menyetujui kerja sama dengan Untag Surabaya karena Untag Surabaya memiliki nama besar di Surabaya dan salah satu Kampus Merah Putih dengan jiwa patriotik.

"Banyak yang menjadi pertimbangan bagi RSUD Jombang hingga pada akhirnya menerima penawaran kerja sama dengan Untag Surabaya. Salah satunya karena mengetahui bahwa Untag Surabaya sudah memiliki nama yang baik sebagai Kampus Merah Putih dengan jiwa patriotik dan dengan dosen-dosen yang berkualitas. Karena itu RSUD menyatakan kesiapan untuk kerja sama," ujarnya.

Dia berharap kerja sama tersebut dapat memberi manfaat kepada dua belah pihak dan manfaatnya pun dirasakan oleh masyarakat.*

Baca juga: 30 pelukis ramaikan pameran lukisan Bung Karno di Surabaya

Baca juga: Mahasiswa Untag Surabaya buat aplikasi "Portal Supermarket"

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023