Hong Kong (ANTARA) - Sebanyak 40 kandidat dari Daerah Administratif Khusus (Special Administrative Region/SAR) Hong Kong lulus skrining awal untuk spesialis muatan (payload) yang kemungkinan dapat bergabung dengan misi luar angkasa China di masa depan, kata seorang pejabat pada Minggu (1/1).

Sun Dong, sekretaris bidang inovasi, teknologi, dan industri pemerintah Hong Kong, dalam sebuah jumpa pers mengatakan bahwa pemerintah SAR Hong Kong menyerahkan aplikasi sejumlah kandidat yang memenuhi syarat kepada para pejabat China Daratan, dan akan bekerja sama secara erat dengan otoritas China Daratan dalam proses seleksi selanjutnya.

Sun mengatakan bahwa 40 kandidat yang terdiri dari 20 pria dan 20 wanita tersebut, dipilih secara ketat sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh negara itu, dengan mempertimbangkan berbagai faktor termasuk kebugaran fisik, tingkat pendidikan, pengalaman profesional, serta minat mereka untuk misi luar angkasa.

Sun mengatakan dia secara pribadi telah bertemu dengan seluruh 40 kandidat serta mengenal kepribadian dan rencana karier mereka. Dia juga terkesan dengan profesionalisme dan antusiasme mereka untuk misi luar angkasa.

Spesialis payload merupakan para peneliti ilmiah profesional yang terutama bertanggung jawab untuk melakukan eksperimen atau penelitian kedirgantaraan, mengoperasikan peralatan laboratorium luar angkasa, dan mengelola operasi harian stasiun luar angkasa dengan para astronaut lainnya.

Ini pertama kalinya China merekrut kandidat spesialis payload di SAR Hong Kong, demikian Xinhua.


 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023