Jakarta (ANTARA/JACX) - Di TikTok, terdapat video yang memperlihatkan sebuah tabung gas berukuran tiga kilogram direndam dalam ember penuh air.

Tabung hijau itu berada pada posisi terbalik. Asap pun tampak keluar dari ember penuh air itu.

Cara tersebut diklaim manjur dalam mengatasi kebocoran gas, dan mampu menghindari ledakan serta kebakaran akibat tabung gas yang bocor.

Berikut adalah narasi pada unggahan tersebut:
“kaget tiba-tiba bau gas. Ternyata tabung gas bocor. Karena panik langsung direndam di air aja. Akhirnya habis juga gasnya. Untung ga meledak. Alhamdulillah,“.

Konten yang diunggah pada 18 November 2022 itu telah dilihat oleh 1,2 juta orang dan disukai oleh 37 ribu pengguna lain TikTok.

Lantas, benarkah merendam tabung gas di air berguna untuk mengatasi kebocoran?
 
Tangkapan layar narasi hoaks yang menyatakan kebocoran gas dapat diatasi dengan merendam tabung di air (TikTok)


Penjelasan:
Ketua Tim Perlindungan Konsumen Odang Saefudin, sebagaimana diberitakan ANTARA, menerangkan upaya merendam tabung gas hanya untuk mendeteksi kebocoran tabung.

Tabung gas yang bocor akan mengeluarkan gelembung udara saat direndam dengan air.

Walau demikian, cara yang beredar di TikTok tersebut bukanlah solusi untuk menghindari ledakan dan kebakaran akibat kebocoran tabung gas.

Informasi di TikTok itu tidak tepat dan termasuk hoaks.

Artikel Sehatq yang ditinjau dokter Anandika Pawitri, menyebutkan kebocoran gas harus diatasi dengan benar jika tidak ingin menimbulkan masalah kesehatan hingga memicu ledakan.

Tindakan yang dianjurkan ketika menyadari ada kebocoran gas adalah melepaskan regulator, lalu bawa tabung gas yang bocor ke area terbuka. 

Selain itu, masyarakat diminta membuka pintu, ventilasi, dan jendela rumah, agar gas yang berada dalam ruangan dapat segera keluar.

Beberapa bagian yang rawan kebocoran meliputi sambungan regulator ke valve tabung, serta sambungan selang ke regulator dan kompor.

Klaim: Atasi kebocoran gas dengan rendam tabung di air
Rating: Misinformasi

Cek fakta: Goyang tabung gas timbulkan ledakan? Ini penjelasannya

Cek fakta: Tabung elpiji 12 kg diganti gratis BrightGas tahun ini? Cek faktanya

Cek fakta: Cek Fakta: Lingkaran merah di tabung LPG adalah indikator ledakan?

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2022