Kami melayani 30 ribuan pengunjung mulai dari 07.00 WIB
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 36.932 pengunjung mulai dari anak-anak hingga orang dewasa meramaikan salah satu objek wisata di Jakarta Selatan, Taman Margasatwa Ragunan sekaligus menghabiskan waktu liburan menjelang Natal dan Tahun Baru 2023.

"Kami melayani 30 ribuan pengunjung mulai dari 07.00 WIB hingga jam tutup kami pukul 16.00 WIB," kata Staf Pelayanan dan Hubungan Masyarakat (Humas) Taman Margasatwa Ragunan, Wahyudi Bambang saat ditemui di Jakarta, Sabtu.

Selain itu, Bambang menambahkan, jumlah pengunjung sebanyak itu membawa 3.058 kendaraan roda dua, 52 bus, 149 sepeda, 2.621 kendaraan roda empat, termasuk 4.275 orang pengunjung ke pusat Primata Schmutzer.

Menurut Bambang, menjelang Natal dan tahun baru ini tidak ada perubahan mengenai jam buka dan harga tiket sehingga sama seperti tahun lalu.

Baca juga: Taman Margasatwa Ragunan tambah jalur joging bagi pengunjung

Untuk jam buka mulai dari 07.00 hingga 16.00 WIB serta harga tiket menggunakan JakCard sejumlah Rp4 ribu untuk orang dewasa dan Rp3 ribu bagi anak kecil.

Untuk menambah kenyamanan pengunjung Ragunan, pihaknya juga telah menyediakan sejumlah tenaga kesehatan di posko kesehatan yang letaknya berada di pusat informasi.

"Kemungkinan saat Natal dan tahun baru kita akan mendapatkan bantuan tambahan tenaga kesehatan dari puskesmas terdekat seperti Pasar Minggu dan Jagakarsa," katanya.

Sebelumnya, pengelola Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan menyatakan kesiapannya menerima lonjakan kunjungan sehubungan dengan libur Natal dan tahun baru 2023 termasuk fasilitas parkir.

Baca juga: Pengelola Ragunan nyatakan kesiapannya terima lonjakan kunjungan

"Memasuki libur Natal pengunjung pasti meningkat dan kalau prediksi kami bisa mencapai 70 ribuan orang. Kami sudah mempersiapkan seluruhnya termasuk parkir," kata Staf Pelayanan dan Hubungan Masyarakat (Humas) Taman Margasatwa Ragunan, Wahyudi Bambang.

Bambang menambahkan berdasar data pada Minggu (11/12) total pengunjung Taman Margasatwa Ragunan berjumlah 46.060 orang sedangkan pada Minggu (18/12) sebanyak 62.112 orang atau naik 34,9 persen.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022