Bandung (ANTARA) - Sebagai bentuk dukungan dan apresiasi dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat kepada Pemerintah Kabupaten Kota dalam pembangunan berkelanjutan, SDGs Jabar Awards 2022 resmi digelar di Bandung, Selasa (20/12).

Kepala Bappeda Provinsi Jawa Barat selaku ketua pelaksana Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDG’S) Jawa barat, Sumasna mengatakan hal ini ditentukan bagi pemerintah kabupaten atau kota yang telah menunjukkan kinerja terbaiknya dalam memberikan aksi nyata untuk mewujudkan pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan.

“Selain itu juga untuk memberikan motivasi kepada pemerintah kabupaten kota dalam melaksanakan kegiatan yang memberikan dampak nyata terhadap pencapaian target-target SDGs. Sarana pembelajaran, koordinasi, dan konsolidasi pelaksanaan SDGs yang memasuki masa “Decade of Action” untuk memastikan tercapainya SDGs pada 2030 oleh pemerintah kabupaten kota,” katanya.

SDG’s Jabar Awards 2022 di ikuti oleh 10 kabupaten dan 6 Kota dengan penilaian dilihat dari "Best Practices Pemerintah Daerah, Inovasi, Partisipasi, Dampak, Keberlanjutan” dari program dan kegiatan yang konsisten dan terus berinovasi dalam implementasi pengarusutamaan TPB atau SDG’S agenda 2030.

“Pelaksanaan SDG’s Awards kabupaten kota oleh Provinsi Jawa Barat pada prinsipnya ialah upaya pencapaian kinerja dari seluruh program dan kegiatan yang ada, karena nilai yang diusung dalam pembangunan daerah ialah pembangunan berkelanjutan dalam pencapaian pilar sosial, pilar ekonomi, pilar lingkungan dan pilar tata kelola SDGs di Indonesia,” tambahnya.

Pemenang dari kegiatan ini diambil 3 dari kabupaten dan 2 dari kota di Jawa Barat yang diantaranya Kabupaten Garut dengan inovasi Tukang Ojeg Puskesmas Dengan Elektronik Ambulan Motor (TOP DE AMOR), Kabupaten Ciamis dengan inovasi Selamatkan Lingkungan Hidup Masyarakat Kelola Bank Sampah dan Maggot di Kabupaten Ciamis (SELINGKUH MAS MAGGOT), dan Kabupaten Indramayu dengan inovasi Perempuan Berdikari (PERI). Selain itu Kota Bogor dengan inovasi Bogor Tanpa kantong Plastik (BOTAK) dan Kota Bandung dengan inovasi Buruan Sae.

Kabupaten atau kota yang terpilih sebagai Best Practice pencapaian TPB atau SDG’S di Jawa Barat pada SDGs Jabar Awards 2022 mendapatkan Trophy dan Piagam Penghargaan secara simbolik oleh Kepala Bappeda Provinsi Jawa Barat sebagai Ketua Pelaksana Pencapaian SDGs Provinsi Jawa Barat.

Penghargaan ini tentunya juga turut mendorong percepatan pencapaian target TPB atau SDG’S yang telah menjadi prioritas pembangunan nasional sesuai dengan amanat Peraturan Presiden (Perpres) nomor 111 tahun 2022 tentang pelaksanaan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan dan sebagai tindak lanjut dari Perpres nomor 59 tahun 2017.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2022