Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel) melakukan program penataan kawasan di lima lokasi Kecamatan Mampang Prapatan diantaranya melakukan pembenahan saluran air.

"Penataan  lima lokasi ini bertujuan agar kawasan terlihat menarik, bersih, dan nyaman," kata Camat Mampang Prapatan Ujang Harmawan saat dihubungi di Jakarta, Jumat.

Secara lebih terperinci, Ujang mengatakan pekerjaan penataan kawasan ini melibatkan pihak kelurahan, warga, dan suku dinas terkait  meliputi pembenahan saluran air untuk mencegah genangan saat hujan.

"Sebelumnya Pemkot Jaksel sempat melakukan peninjauan lapangan terkait permohonan pemanfaatan lahan Dharma Jaya di Jalan Kemang Utara IX Kecamatan Mampang sebagai lokasi penampungan air hujan (embung)," tuturnya.

Kemudian, warga juga ikut melakukan pengecatan kembali fasilitas dan pembenahan trotoar di jalanan untuk kenyamanan pejalan kaki maupun pengendara motor dan mobil.

Selain itu, pihaknya juga menggencarkan penanaman pohon untuk penghijauan di wilayahnya mengikuti instruksi Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

"Untuk November ini 122 pohon yang ditanam di Kecamatan Mampang Prapatan," tuturnya.

Menurut dia, dari ratusan pohon tersebut terdapat tanaman produktif menghasilkan buah yang bisa dikonsumsi maupun dijual sebagai ladang bisnis untuk memenuhi kebutuhan warga.

"Tanaman produktif yang ditanam di antaranya pohon jambu kristal, pohon jeruk, dan lain-lain," tambahnya.

Ujang menuturkan adanya penanaman pohon ini tak hanya untuk melestarikan lingkungan, namun juga mereduksi emisi karbon dioksida (CO2) yang dihasilkan dari beragam aktivitas sehari-hari.

"Harapannya dengan adanya kegiatan ini mampu meningkatkan kesadaran masyarakat untuk sama-sama peduli menjaga kebersihan dan ketertiban," harapnya.

Penataan kawasan di Mampang Prapatan ini ditargetkan selesai akhir Desember 2022 dan terkait dana yang dihabiskan merupakan bantuan dari suku dinas maupun Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD) terkait.
Baca juga: Penataan kawasan Meruya Selatan dan Kebon Jeruk capai 65 persen
Baca juga: Pemkot Jaksel tambah taman dan jalur hijau di Pesanggrahan
Baca juga: Pemkot Jaksel tata kawasan di delapan lokasi Kecamatan Setiabudi

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022