Hingga beberapa hari ke depan diperkirakan terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dan disertai dengan angin kencang
Kota Bengkulu (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pulau Baai Bengkulu meminta masyarakat di seluruh wilayah Bengkulu mewaspadai potensi cuaca buruk yaitu hujan dengan intensitas lebat yang disertai angin kencang dalam beberapa hari ke depan.

Untuk pergerakan angin bergerak dari arah barat dengan kecepatan angin dari 5 knots hingga 19 knots terjadi di wilayah Bengkulu.
 
"Hingga beberapa hari ke depan diperkirakan terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dan disertai dengan angin kencang," kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Pulau Baai Bengkulu Anang Anwar di Kota Bengkulu, Senin.
 
Sedangkan ketinggian gelombang di perairan Bengkulu juga tinggi yaitu 1,5 meter hingga 2,50 meter dan gelombang di Samudera Hindia Barat Bengkulu berkisar 2,50 hingga 4 meter.
 
BMKG meminta para nelayan waspada terhadap gelombang tinggi karena kecepatan angin yang cukup kencang.

Baca juga: Badan Geologi ungkap analisis gempa di empat wilayah Bengkulu

Baca juga: BMKG sebut Bengkulu akan terjadi hujan deras dan gelombang tinggi
 
Selain itu, ia mengimbau seluruh masyarakat Provinsi Bengkulu untuk waspada terjadinya bencana hidrometeorologi seperti angin kencang, banjir/genangan, tanah longsor, yang disebabkan oleh hujan lebat dalam waktu yang lama.

Masyarakat Bengkulu juga diminta tidak mendekati pohon-pohon berukuran besar karena dikhawatirkan roboh akibat angin kencang.
 
Anang menjelaskan terjadinya cuaca buruk di wilayah Bengkulu disebabkan oleh sirkulasi siklonik di bagian utara Sumatera yang membentuk daerah belokan angin di wilayah Bengkulu dan adanya kelembaban udara yang cukup basah dari lapisan bawah hingga atas dan adanya labilitas udara yang cukup kuat di atmosfer Bengkulu.
 
Kondisi itu menyebabkan pembentukan awan hujan di sebagian besar wilayah Provinsi Bengkulu.

Baca juga: BMKG catat sebanyak 345 kali gempa terjadi di Bengkulu

Baca juga: BMKG minta masyarakat Bengkulu waspada gempa berkekuatan 8,9 magnitudo

Pewarta: Anggi Mayasari
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022