Kami akan bekerja sama dengan instansi terkait
Jakarta (ANTARA) -
Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Perumda Pasar Jaya memperkuat koordinasi lintas instansi sebagai langkah untuk mengendalikan harga kebutuhan pokok di Jakarta agar tetap stabil, termasuk program Bazaar Murah saat Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN).
 
"Kami akan bekerja sama dengan instansi terkait, untuk menekan kenaikan kebutuhan pokok agar kebutuhan pokok bisa stabil bagi kebutuhan masyarakat," kata Direktur Perkulakan dan Pemasaran Perumda Pasar Jaya Anugrah Esa saat dihubungi di Jakarta, Kamis.
 
Kerja sama lintas instansi untuk ketahanan pangan di Jakarta tersebut sendiri, Baca juga: Kenaikan harga bahan pangan mulai terjadi di dua pasar Jakarta Pusatkata Anugrah Esa, telah berjalan dengan keterlibatan Perumda Pasar Jaya dalam Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) DKI Jakarta sebagai kanal distribusi pemerintah dalam penyaluran bahan pangan murah.
 
"Sebagai kanal distribusi yang berwenang menyalurkan bahan pangan murah, kami lakukan lewat perkulakan/grosir, Mini Distribution Center (DC), dan Jakmart. Kami juga membangun Jakgrosir dan gerai pangan lainnya di beberapa pulau Kepulauan Seribu agar harganya sama dengan harga di daratan dan masyarakat pulau tidak perlu mengeluarkan dana lebih banyak untuk membeli bahan sembako ke daratan," ucap dia.

Baca juga: Kenaikan harga bahan pangan mulai terjadi di dua pasar Jakarta Pusat
 
Lebih lanjut, Anugrah mengatakan dalam mengamankan stok pangan terutama beras, Perumda Pasar Jaya juga bekerja sama antardaerah melalui UMKM daerah dan kelompok tani di berbagai kota.
 
Sementara untuk komoditas lainnya yang berpotensi memiliki perubahan harga sangat dinamis seperti cabai dan bawang, Perumda Pasar Jaya menyiapkan fasilitas penyimpanan beku (cold storage).
 
"Di mana berbagai komoditi tersebut harganya akan naik di waktu-waktu tertentu. Cold Storage ini hadir untuk menyimpan komoditi tersebut agar tetap aman dan terjaga kualitasnya dan nantinya akan dikeluarkan ketika harga-harga sedang naik guna untuk menjaga stabilitas harga," ucapnya.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta menyusun kegiatan pasar murah di sejumlah titik untuk menekan kenaikan sejumlah harga pangan menjelang Natal dan akhir tahun 2022.

Baca juga: DKI susun pasar murah tekan kenaikan harga pangan

"Kami menyelenggarakan kegiatan pasar murah, bazar pangan serta kegiatan yang berhubungan dengan kestabilan ketersediaan serta harga," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Suharini Eliawati di Jakarta, Rabu (30/11).

Adapun titik kegiatan pasar murah itu rencananya dilaksanakan di rumah susun (rusun), RPTRA, kantor kelurahan, kecamatan dan wali kota.

Meski begitu, ia tidak menjabarkan selisih harga dari harga di pasaran pada kegiatan pasar murah tersebut.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022