Penilaian  penghargaan ini dilakukan  Deputi Bidang Pelayanan Publik selama tahun 2022 terhadap kualitas pelayanan  sesuai dengan kategori penilaian yang telah ditentukan
Jakarta (ANTARA) - Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non TPI Jakarta Selatan meningkatkan pelayanan dan fasilitas bagi penyandang disabilitas dalam rangka pekan layanan keimigrasian ramah HAM pada 28 November hingga 9 Desember 2022 yang merupakan rangkaian peringatan Hari HAM Dunia ke-74.

"Lokasi yang kita berikan layanan yakni Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) dan sebelumnya sudah berlangsung di SLB-A Pembina Tingkat Nasional Jakarta, Lebak Bulus," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non TPI Jakarta Selatan, Felucia Sengky Ratna saat ditemui di Jakarta, Rabu.

Dalam kesempatan itu, Felucia juga menyebutkan keberhasilan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non TPI Jakarta Selatan meraih penghargaan Unit Penyelenggara Pelayanan Terbaik Penyedia Sarana dan Prasarana Ramah Kelompok Disabilitas di lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenhumkam RI).

Penilaian  penghargaan ini dilakukan  Deputi Bidang Pelayanan Publik selama tahun 2022 terhadap kualitas pelayanan  sesuai dengan kategori penilaian yang telah ditentukan.

Pencapaian ini membuktikan kerja keras Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non TPI Jakarta Selatan untuk menghadirkan layanan keimigrasian terbaik bagi seluruh lapisan masyarakat yang berpedoman pada prinsip-prinsip Hak Asasi Manusia.

Dari pencapaian inilah yang membuat pihaknya semakin termotivasi untuk terus memberikan pelayanan maksimal seperti meningkatkan sarana dan prasarana kepada penyandang disabilitas.

"Masih ada satu yang belum diwujudkan yakni menyediakan penerjemah bahasa isyarat, jadi kami merencanakan akan menugaskan beberapa pegawai untuk belajar bahasa isyarat di YPAC," tambahnya.

Selain itu, pihaknya juga melakukan "jemput bola" atau mendatangi langsung ke lokasi untuk memudahkan para penyandang disabilitas mengurus data keimigrasian.

Hingga kini, tercatat pihaknya sudah melayani sekitar 60 orang dalam rangka layanan keimigrasian ramah HAM pada 28 November hingga 9 Desember 2022 dalam rangkaian Peringatan Hari HAM sedunia Ke-74.

"Kami harap dengan adanya layanan imigrasi bisa memudahkan mereka berwisata, berobat, hingga berkompetisi sebagai atlet di luar negeri," harapnya.
Baca juga: Imigrasi Jakut dorong kapasitas pegawai kelola aduan masyarakat
Baca juga: Dukcapil DKI-Imigrasi berkolaborasi permudah pengurusan dokumen WNA
Baca juga: Imigrasi Jaktim tangkap satu WNA India diduga salahi izin tinggal


Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022