Jadi untuk Kepri ada sebanyak 22.715 STB yang diterima dari Divisi Penyiaran Kominfo.
Batam (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mengatakan distribusi set top box (STB) untuk rumah tangga miskin terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) wilayah Kepri sudah mencapai 89 persen.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepri Hasan menyatakan, bantuan STB yang diterima Pemerintah Provinsi Kepri sebanyak 22.715.

“Jadi untuk Kepri ada sebanyak 22.715 STB yang diterima dari Divisi Penyiaran Kominfo, dari jumlah tersebut, hampir keseluruhan atau sudah 89 persen yang tersalurkan ke masyarakat yang terdaftar di DTKS ke tujuh kabupaten/kota,” ujar Hasan saat dihubungi melalui telepon di Batam, Senin.

Untuk sisanya dari 89 persen itu, kata Hasan lagi, karena ada sebagian STB yang tertahan di Batam sekitar 3.000 STB yang akan disalurkan ke Kabupaten Bintan dan Kabupaten Karimun.

“Karena Batam ini kawasan perdagangan bebas (Free Trade Zone), jadi kami sedang mengurus keluarnya STB tersebut,” kata dia pula.

Hasan menjelaskan, dari jumlah 22.715 itu didapat dari dua bantuan. Pertama bantuan dari pemerintah pusat sebanyak 11.000 dan sisanya dari swasta.

Namun Hasan menyebutkan bahwa sebelumnya Kepri mendapat bantuan sebanyak 31.815 STB sampai akhirnya ada perubahan dari pemerintah pusat.

“Kementerian Kominfo kami mendapat beberapa perubahan, awalnya surat dari Divisi Penyiaran bersama Kominfo bahwa untuk STB berdasarkan data DTKS di Kepri 31.815, ternyata update akhir kemarin dikurangi menjadi 22.715,” ujarnya.
Baca juga: Komisi I DPR dorong pemerintah distribusikan STB di Jabodetabek merata
Baca juga: Kemenkominfo sediakan situs cek bantuan "set top box"

 

Pewarta: Ilham Yude Pratama
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022