perlu menjadi perhatian di samping kesehatan fisik, karena mereka merupakan generasi penerus bangsa di masa depan
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) menekankan pentingnya menjaga kesehatan mental dan kesejahteraan psikis remaja guna mewujudkan generasi unggul dan berkualitas.

"Kesehatan mental dan kesejahteraan psikis remaja perlu menjadi perhatian di samping kesehatan fisik, karena mereka merupakan generasi penerus bangsa di masa depan," kata Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan dan Pemuda Kemenko PMK Femmy Eka Kartika Putri di Jakarta, Selasa.

Femmy Eka Kartika Putri mengatakan menjaga kesehatan mental juga bertujuan agar para remaja memahami peran mereka pada saat ini dan masa mendatang.

"Para remaja dan para pemuda harus mampu menghadapi berbagai tantangan yang ada untuk kesehatan fisik dan jiwanya," katanya.

Kementerian Kesehatan, kata dia, mencatat bahwa dalam beberapa tahun terakhir persentase masyarakat yang mengalami gangguan kesehatan mental mengalami peningkatan.

Baca juga: Kemenko PMK: Pembangunan SDM kunci penting capai Indonesia Emas 2045

Baca juga: Kemenko PMK tekankan pentingnya kompetensi digital bagi guru


"Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) yang dilakukan Kementerian Kesehatan menunjukkan bahwa gangguan mental emosional pada penduduk usia di bawah 15 tahun, naik dari 6,1 persen atau sekitar 12 juta penduduk pada Riskesdas 2013 menjadi 9,8 persen atau sekitar 20 juta penduduk pada Riskesdas 2018," katanya.

Dia juga menambahkan bahwa selama pandemi COVID-19, masalah gangguan kesehatan jiwa dilaporkan meningkat sebesar 64,3 persen baik karena menderita penyakit COVID-19 maupun masalah sosial ekonomi sebagai dampak dari pandemi.

"Gangguan kesehatan mental tersebut juga terjadi pada remaja atau pemuda," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, program-program pemberdayaan pemuda melalui koordinasi lintas sektor penyelenggaraan pelayanan pemuda menjadi penting untuk mengantisipasi masalah kesehatan mental pada remaja atau pemuda.

Dia juga kembali menekankan bahwa ketahanan kesehatan menjadi agenda penting dalam mendukung program pembangunan SDM di Tanah Air.

Kemenko PMK terus berupaya meningkatkan kampanye bahwa generasi penerus bangsa harus sehat secara fisik dan juga secara psikis. Selain itu kondisi kesehatan mentalnya juga harus terpelihara dengan baik.

Baca juga: Kemenko PMK: Booster kedua untuk lansia berikan perlindungan optimal

Baca juga: Kemenko PMK tekankan pentingnya peningkatan cakupan vaksinasi polio


 

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022