Jakarta (ANTARA) - Polda Metro Jaya mengirim bantuan kemanusiaan dan memberangkatkan relawan untuk membantu masyarakat yang menjadi korban gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

“Mudah-mudahan ini bisa bermanfaat bagi saudara-saudara kita yang sedang tertimpa bencana gempa bumi di Cianjur,” kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran di Mako Polda Metro Jaya, Kamis.

Bantuan kemanusiaan yang dikirim antara lain bahan pokok makanan, pakaian, obat-obatan, air bersih, karpet, terpal dan peralatan mandi. Obat-obatan, beras, susu, masker, pembalut wanita, sandal dan kebutuhan anak.

Fadil juga mengatakan, Polda Metro Jaya turut mengirimkan perlengkapan tidur seperti selimut dan perlengkapan ibadah seperti sarung, mukena dan sebagainya. Barang tersebut tentunya diperlukan masyarakat yang kehilangan tempat tinggal dan harta bendanya akibat bencana.

"Masyarakat Cianjur saat ini sedang membutuhkan uluran tangan kita semua, baik dukungan secara materiil maupun moril. Saat ini saudara-saudara kita di Cianjur banyak yang membutuhkan kebutuhan pangan, sandang, tempat tinggal yang layak," ujarnya.

Baca juga: Satpol PP Jakbar kirim regu penyelamat ke Cianjur
Baca juga: PAM Jaya kirim bantuan untuk korban gempa Cianjur

Fadil juga mengatakan Polda Metro Jaya turut memberangkatkan relawan dari organisasi kemanusiaan "Siap Bergerak" sejumlah 1.032 relawan. Relawan terdiri dari 312 tenaga kesehatan, 689 tenaga non kesehatan dan 31 relawan dokumentasi.

Jenderal polisi berbintang dua itu mengatakan, meskipun Cianjur bukan dalam wilayah hukum Polda Metro Jaya, hal itu tidak menjadi hambatan dalam aksi kemanusiaan dan berbagi kepada sesama.

Dia berharap bantuan dari Polda Metro Jaya ini dapat meringankan beban serta bermanfaat bagi masyarakat terdampak gempa di Cianjur.

“Semoga saudara-saudara kita yang terdampak gempa bumi di Cianjur dan sekitarnya selalu diberikan kesehatan, ketabahan serta lekas bangkit dari luka dan yang lainnya," katanya.
 

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022