Jakarta (ANTARA) - Membersihkan rumah merupakan hal yang harus dilakukan setiap harinya. Tidak heran bila alat pel lantai menjadi salah satu perlengkapan bersih-bersih yang wajib kita miliki di rumah.

Mengingat pemakaiannya yang cukup sering, tentu kain pel perlu dijaga kebersihannya. Bila tidak, bisa-bisa lantai malah tambah kotor setelah kita pel.

Supaya kain pel tetap higienis, ikuti langkah-langkah membersihkannya berikut ini.

1. Siram Kain Pel dengan Air Panas
Setelah selesai digunakan, rendam kain pel yang kotor di dalam air panas selama 10-15 menit. Kamu juga bisa menambahkan cuka putih untuk membantu menghilangkan noda minyak dan lemak dari kain pel.

2. Cuci Kain Pel dengan Air Sabun
Setelah di rendam, sikat kain pel dengan air sabun untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran dan bau yang tersisa. Kemudian, bilas kembali kain pel dengan air bersih dan peras sampai tidak ada air yang menetes.

3. Masukkan Kain Pel ke Mesin Cuci
Bila kamu ingin membersihkan kain pel secara menyeluruh, lepaskan kepala kain pel dari pegangan dan masukkan ke dalam mesin cuci. Namun, hal ini hanya berlaku untuk kain pel yang bisa dicuci dengan mesin.

Pilih mode mencuci dengan air panas dan gunakan sedikit detergen buat membasmi kuman. Kamu pun dapat menggunakan pemutih bila memungkinkan.

4. Keringkan di Bawah Sinar Matahari
Setelah dicuci bersih, diamkan kain pel hingga mengering dengan sendirinya. Kalau perlu, letakkan kain pel di bawah sinar matahari panas untuk mempercepat proses pengeringan. Setelah itu, simpan kain pel dengan baik sebelum digunakan kembali.

Itu dia langkah-langkah membersihkan kain pel yang benar supaya bebas dari kotoran. Kamu bisa menemukan berbagai alat pembersih, dari penghisap debu, sapu, hingga alat pel lantai hanya melalui ruparupa.com.

Situs belanja online satu ini juga menawarkan berbagai macam furnitur dan perlengkapan rumah tangga berkualitas dari merek-merek terkenal milik Kawan Lama Group, yaitu ACE, Informa, Informa Electronics, Informa Sleep, Pendopo, Ataru, Krisbow, Toys Kingdom, Pet Kingdom, Selma, Susen, Chatime, Ashley, Eyesoul, dan masih banyak lagi. 

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2022