Peminatnya cukup banyak di wilayah sini, terbukti dalam tiga hari sudah mencapai ratusan hewan yang sudah vaksin
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas (Sudin) Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Kota Administrasi Jakarta Pusat melakukan vaksinasi terhadap  ratusan hewan penular rabies (HPR)  bertempat di halaman Kantor Kelurahan Cempaka Baru, Kecamatan Kemayoran.

"Berdasarkan data, kami sudah memberi vaksin rabies terhadap 153 ekor hewan selama tiga hari," kata Kepala Satuan Pelaksana  Sudin KPKP Kelurahan Cempaka Baru Siti Humaerah di Jakarta, Selasa.

Siti menjelaskan dari sebanyak 153 ekor hewan yang divaksin rabies di Kelurahan Cempaka Baru tersebut terdiri dari 120 kucing dan 33 anjing .

“Peminatnya cukup banyak di wilayah sini, terbukti dalam tiga hari sudah mencapai ratusan hewan yang sudah vaksin. Antusias warga tak lepas dari sosialisasi dari flyer yang disebar RT dan RW,” ungkapnya.

Siti Humaerah mengatakan kegiatan vaksinasi rabies ini telah berlangsung sejak Kamis (17/11) lalu.

"Untuk di Kelurahan Cempaka Baru, akan mendapatkan satu bungkus makanan hewan yang telah disediakan Sudin KPKP bagi warga yang datang membawa hewan kesayangannya untuk divaksin rabies tersebut," lanjutnya.

Selain itu, ia juga berharap dengan adanya vaksinasi ini dapat mempertahankan status DKI Jakarta sebagai provinsi bebas rabies khususnya di wilayah Kelurahan Cempaka Baru.

Program vaksinasi rabies ini juga dibarengi dengan kegiatan sterilisasi hewan peliharaan yang dilaksanakan secara gratis.

Warga yang ingin mensterilkan kucing peliharaan dapat mendaftarkan diri ke pelayanan di masing-masing di Satuan Pelaksana KPKP kecamatan.

"Sterilisasi digelar bertujuan guna menekan populasi kucing di lingkungan warga," ungkapnya.

Siti berharap dengan adanya program tersebut, hewan peliharaan di Jakarta Pusat bebas dari penyakit sehingga warga bisa hidup aman dengan hewan peliharaannya.
Baca juga: Pemkot Jakpus gelar vaksin rabies di Kelurahan Serdang
Baca juga: Pemkot Jakarta Pusat memvaksin anti rabies 3.639 hewan
Baca juga: Sudin KPKP Jakpus lakukan sterilisasi kucing lokal

Pewarta: Ulfa Jainita
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022