Scan barcode ini akan ada informasi nama pohon, nama ilmiah
Depok (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok Jawa Barat dengan memasang barcode untuk 1.500 pohon guna mendata pohon agar bisa diketahui oleh masyarakat luas.

"Jika masyarakat scan barcode ini akan ada informasi di antaranya nama pohon, nama ilmiah, umur maksimal pohon, tinggi maksimal, daya serap CO2, lokasi pohon dan kode pohon untuk pendataan,"kata Kepala Bidang Tata Lingkungan dan Konservasi DLHK Kota Depok Indra Kusuma di Depok, Selasa.

"Untuk saat ini, kami fokus memasang barcode pada pohon yang berada di Jalan Margonda dan Jalan Juanda. untuk selanjutnya bisa di lokasi lainnya," katanya

Menurut dia sudah sepekapihaknta melakukan pemasangan barcode untuk pohon yang berada di Jalan Margonda dan Juanda. Hal ini untuk pendataan jumlah pohon yang ada di Kota Depok.

Baca juga: Pintu air Depok siaga 3, Jakarta waspada banjir

Baca juga: Mahasiswa Pencinta Alam UI serukan pendakian ramah lingkungan


Selain untuk pendataan pohon, lanjut dia, upaya tersebut juga sebagai edukasi agar masyarakat mengetahui nama maupun jenis pohon. Serta manfaatnya sebagai penghasil oksigen.

Indra berharap, masyarakat bisa menggunakan barcode yang sudah terpasang untuk tujuan edukasi. Dia juga meminta masyarakat agar dapat merawat serta melestarikan lingkungan, bukan menebang pohon.

"Pohon, merupakan suatu pondasi alam yang menyediakan dan mengendalikan berbagai kebutuhan manusia seperti, menjaga kualitas udara agar tetap baik ketika dihirup oleh manusia dan menjaga air dalam tanah," jelasnya.

"Untuk itu kami minta agar masyarakat bisa ikut menjaga dan melestarikan lingkungan," demikian Indra.

Baca juga: DLHK Depok siagakan Satuan Tugas Pohon

Baca juga: Kota Depok raih Penghargaan Nirwasita Tantra dari KLHK

 

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022