kami temukan tadi pagi
Jakarta (ANTARA) - Tim Pencarian dan Pertolongan (Search and Rescue/ SAR) gabungan menemukan pria paruh baya yang tenggelam di Kanal Banjir Barat, Jakarta Pusat berinisial P (57) dalam kondisi meninggal dunia di Jakarta Utara, Sabtu pagi.

Kepala Kantor SAR DKI Jakarta Fazzli selaku Koordinator Misi SAR (SAR Mission Coordinator/SMC) terhadap P dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu, mengatakan korban ditemukan  di aliran Kali Cagak dalam radius lima kilometer dari lokasi kejadian, tepatnya di Jalan Inspeksi Teluk Intan, Penjaringan, Jakarta Utara.

"Korban kami temukan tadi pagi dan langsung kami evakuasi menuju rumah duka untuk diserahkan kepada pihak keluarga," ujar Fazzli dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Kepala Unit Reserse Kriminal Polsek Metro Penjaringan Ajun Komisaris Polisi Harry Gasgari membenarkan korban berinisial P (57) yang tenggelam di Kali Banjir Kanal Barat sudah ditemukan oleh tim SAR gabungan di pinggiran Kali Cagak Kelurahan Pejagalan, wilayah Polsek Metro Penjaringan, Jakarta Utara, Sabtu.

"Waktu kejadian penemuan korban Sabtu (19/11) pukul 06.30 WIB," ujar Harry.

Sebelumnya keluarga korban sudah melaporkan kejadian tenggelamnya P ke Polsek Metro Gambir Jakarta Pusat, kata Harry, sekitar dua hari yang lalu atau Kamis (17/11).

Berdasarkan penjelasan dari pihak keluarga korban, P terpeleset dan jatuh saat berjalan menyusuri pinggiran Kanal Banjir Barat, Gambir, Jakarta Pusat, sekitar pukul 17.00 WIB. Setelah itu keluarga korban langsung melaporkan kejadian tersebut ke pihak berwajib.

Selanjutnya, tim SAR gabungan segera melakukan operasi pencarian dan pertolongan dengan membagi tiga tim, ada yang menyisir jalur darat, menyelam, dan menyisir aliran Kali Ciliwung.

Namun, salah satu tim SAR yakni yang menyisir aliran Kali Ciliwung menggunakan perahu karet (rubber boat)  yang menemukan jasad korban setelah kurang lebih dua hari melakukan operasi pencarian dan pertolongan tersebut.
Baca juga: Pencarian korban di Kalimalang terkendala tak adanya pusaran air
Baca juga: Seorang pemuda rebahan di tanggul lalu tenggelam di Kali Jodo
Baca juga: BPBD: Keluarga mengonfirmasi penemuan jenazah mahasiswi IPB Adzra

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022