Bandung (ANTARA) - Setelah staycation kini muncul tren terbaru untuk akomodasi penginapan yakni long stay, dengan durasi yang lebih lama dan tempat yang lebih privat serta aman.

Kondisi pandemi COVID-19 menciptakan kebiasaan baru untuk bekerja dan sekolah dari rumah. Bahkan, banyak kantor yang kini menerapkan sistem bekerja dari mana saja atau work from anywhere.

Tren ini tercermin dari data tiket.com yang menunjukkan customer melakukan pencarian akomodasi untuk long stay meningkat selama 2022.

Baca juga: Vila & apartemen banyak diburu pengguna tiket.com untuk "staycation"

Hal tersebut kemudian menciptakan tren baru, bahwa liburan tak hanya sekadar satu atau dua hari saja tapi bisa hingga seminggu.

Public Relations Sr. Manager tiket.com Sandra Darmosumarto mengatakan hotel kini tak lagi menjadi pilihan utama dalam memilih akomodasi. Masyarakat cenderung memilih vila dan apartemen untuk mendapatkan pengalaman baru yang lebih menarik.

"Customer kita nyari yang long stay, pandemi ini kayak ada kebiasaan baru rata-rata mereka menginap tujuh hari. Nyari penginapan yang unik kayak model vila karena bisa ajak keluarga, kalau hotel kan crowded banget kalau breakfast," ujar Sandra berbincang di Halo Jae, Bandung.

Lebih lanjut, Sandra mengatakan kegiatan long stay bisa dilakukan bersama keluarga dekat atau kelompok kecil tanpa harus berkerumun dengan banyak orang sehingga lebih aman, nyaman dan privat. Seperti di rumah sendiri.

Masyarakat juga memiliki kecenderungan untuk mencari akomodasi yang menawarkan sesuatu yang unik seperti desain kamar, area privat dan fasilitas lengkap.

"Kita melihat vila dan apartemen ini punya keunikkan yang berbeda, mereka memang seniat itu membuatnya. Karena sekarang apalagi sih yang dicari saat liburan selain foto-foto," kata Sandra.

Melihat tren staycation dan long stay, tiket.com sebagai Online Travel Agent (OTA) telah meluncurkan Tiket Vila & Apartement pada tahun 2021 untuk mengakomodir kebutuhan pelanggan.

Akomodasi yang ditawarkan memiliki beragam variasi mulai untuk individu per orang, keluarga, glamping hingga vila eksklusif.

Sandra mengatakan terdapat lima kota besar favorit yang menjadi pilihan masyarakat untuk long stay atau staycation yakni Bali, Bandung, Bogor, Yogyakarta dan Malang.

Baca juga: Sensasi menikmati Kuala Lumpur dari ketinggian

Baca juga: tiket.com luncurkan buku saku digital "tiket Guide"

Baca juga: Transaksi tiket.com melonjak 200 persen sepanjang MotoGP Mandalika

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022