Semangat perdamaian, solidaritas dan multilateralisme itu harus terus diperkuat
Bali (ANTARA) - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan forum B20 Summit yang merupakan salah satu rangkaian acara Presidensi G20 Indonesia telah mampu melunakkan ketegangan geopolitik.

“Saya ingin menyampaikan penghargaan kepada B20 sebagai salah satu kelompok keterlibatan yang paling menonjol di G20,” katanya dalam B20 Summit Indonesia 2022 di Nusa Dua, Bali, Senin.

Ketegangan geopolitik dapat terwujud karena forum ini melibatkan banyak pemimpin-pemimpin negara berpengaruh di dunia maupun pebisnis besar level global seperti Elon Musk untuk menyampaikan pendapat dan masukan terhadap peristiwa-peristiwa yang terjadi saat ini.

Selain itu, forum B20 Summit menjadi salah satu kelompok keterlibatan yang paling menonjol di Presidensi G20 Indonesia karena melibatkan jaringan dan hubungan bisnis yang sangat aktif.

Sri Mulyani berharap semangat kolaborasi dan kerja sama dalam menyuarakan masukan dan pendapat kepada dunia dapat terus terjaga sehingga kondisi geopolitik semakin kondusif.

“Peran dan suara Anda sangat sangat penting,” tegasnya.

Terlebih lagi, masalah-masalah yang dihadapi ekonomi global saat ini merupakan masalah yang tidak dapat diatasi oleh negara mana pun secara sendirian.

Ketika berbicara tentang perubahan iklim atau teknologi digital yang dapat memberikan peluang pun terkadang juga memiliki risiko dalam hal ketidakstabilan.

Oleh sebab itu, Presidensi G20 Indonesia ini merupakan wadah agar dunia terus berkomunikasi sehingga menemukan solusi terhadap permasalahan yang ada baik untuk negara anggota maupun global.

“Semangat perdamaian, solidaritas dan multilateralisme itu harus terus diperkuat,” ujar Sri Mulyani.

Baca juga: Roundup - Indonesia tegaskan upaya dekarbonisasi jelang KTT G20

Baca juga: Ketua Umum Kadin: B20 Indonesia tidak hanya bicara rekomendasi

 

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022