Sydney (ANTARA) - Pasar saham Asia mengambil jeda pada awal perdagangan Senin pagi, setelah mencatat reli besar-besaran minggu lalu ketika seorang gubernur bank sentral AS memperingatkan investor agar tidak terbawa oleh satu angka inflasi, mendorong imbal hasil obligasi dan dolar menguat.

Penurunan sedikit inflasi AS sudah cukup untuk melihat imbal hasil obligasi pemerintah AS dua tahun turun 33 basis poin untuk minggu lalu dan dolar kehilangan hampir 4,0 persen, penurunan mingguan terbesar keempat sejak era nilai tukar mengambang bebas dimulai lebih dari 50 tahun yang lalu.

Namun pelonggaran dalam kondisi keuangan AS yang dihasilkan tidak sepenuhnya disambut oleh Federal Reserve (Fed) dengan Gubernur Christopher Waller mengatakan akan membutuhkan serangkaian laporan lemah bagi bank untuk menghentikan langkahnya.

Waller menambahkan pasar jauh di depan mereka sendiri hanya dengan satu angka inflasi, meskipun dia mengakui bahwa Fed sekarang dapat mulai berpikir untuk menaikkan suku bunga dengan kecepatan yang lebih lambat.

Kontrak berjangka sangat bertaruh pada kenaikan suku bunga setengah poin menjadi 4,25-4,5 persen pada Desember dan kemudian beberapa pergerakan seperempat poin ke kisaran 4,75-5,0 persen.

Baca juga: IHSG jelang akhir pekan naik tajam ikuti penguatan bursa saham Asia

"Kejutan penurunan IHK sejalan dengan berbagai indikator yang menunjukkan penurunan inflasi global akan mendorong moderasi dalam laju pengetatan kebijakan moneter di Fed dan di tempat lain," kata Kepala Penelitian Ekonomi JPMorgan, Bruce Kasman.

"Pesan positif ini diredam oleh pengakuan bahwa penurunan inflasi akan terlalu kecil bagi bank sentral untuk menyatakan misi telah tercapai, dan kemungkinan pengetatan lebih lanjut."

Indeks MSCI dari saham Asia-Pasifik di luar Jepang bertambah 0,2 persen, setelah melonjak 7,7 persen minggu lalu. Indeks Nikkei Jepang turun 0,26 persen, sementara Indeks KOSPI Korea Selatan menguat 0,3 persen, dan indeks S&P/ASX Australia datar. S&P 500 berjangka turun 0,2 persen, sementara Nasdaq berjangka turun 0,3 persen.

Baca juga: Saham China dibuka berbalik naik, Indeks Shanghai melonjak 2,09 persen

Para diler juga menunggu untuk melihat apakah saham China dapat memperpanjang reli besar mereka di tengah laporan bahwa regulator telah meminta lembaga keuangan untuk memberikan lebih banyak dukungan kepada pengembang properti yang tertekan.

Saham unggulan China naik pada Jumat (11/11/2022) dibantu oleh banyak perubahan pada pembatasan COVID China, bahkan ketika negara tersebut melaporkan lebih banyak kasus selama akhir pekan.

"Sulit untuk melihat bagaimana berita kasus itu tidak negatif dari sudut pandang ekonomi, tetapi itu adalah simbolisme pergerakan, betapapun kecilnya, dalam strategi nol COVID yang dengan senang hati diikuti oleh pasar," kata Kepala Strategi Valas NAB, Ray Attrill.

Presiden AS Joe Biden akan bertemu langsung dengan pemimpin China Xi Jinping pada Senin untuk pertama kalinya sejak menjabat, dengan kekhawatiran AS atas Taiwan, perang Rusia di Ukraina, dan ambisi nuklir Korea Utara di atas agendanya.

Baca juga: Harga emas naik 15,70 dolar, catat minggu terbaik dalam 30 bulan

Berita tentang aturan COVID telah memicu peningkatan short-covering yuan minggu lalu, yang menambah tekanan luas pada dolar karena imbal hasil turun. Dolar mendapatkan kembali kekuatannya pada Senin pagi dengan indeksnya bertambah 0,4 persen menjadi 106,870, tetapi tetap jauh dari puncak minggu lalu di 111,280.

Euro melemah menyentuh 1,0324 dolar, setelah naik 3,9 persen minggu lalu, sementara dolar menguat ke 139,77 yen menyusul penurunan 5,4 persen minggu lalu.

Dolar kehilangan hampir sama besarnya dengan franc Swiss, sebagian didorong oleh peringatan dari bank sentral Swiss bahwa ia akan menggunakan suku bunga dan pembelian mata uang untuk menjinakkan inflasi.

Sterling turun kembali ke 1,1790 dolar menjelang Pernyataan Musim Gugur Kanselir Inggris pada Kamis (17/11/2022) di mana dia diperkirakan akan menetapkan kenaikan pajak dan pemotongan pengeluaran.

Mata uang kripto tetap berada di bawah tekanan karena setidaknya 1 miliar dolar AS dana pelanggan dilaporkan telah lenyap dari bursa kripto FTX yang runtuh.

Baca juga: Dolar ditutup melemah di Asia jelang data inflasi AS, dan kripto jatuh

Bitcoin diperdagangkan turun 2,4 persen pada 16.386 dolar AS, setelah turun hampir 22 persen minggu lalu.

Penurunan dolar baru-baru ini memberikan perangsang yang sangat dibutuhkan untuk komoditas, dengan emas naik menjadi diperdagangkan di 1.768 dolar AS per ounce setelah melompat 100 dolar AS minggu lalu.

Minyak berjangka memperpanjang kenaikannya dengan Brent naik 86 sen menjadi diperdagangkan di 96,85 dolar AS per barel, sementara minyak mentah AS naik 80 sen menjadi 89,76 dolar AS per barel.

Baca juga: Harga minyak akhir pekan naik, pasca-China longgarkan pembatasan COVID

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022