Jakarta (ANTARA) - Lucasfilm dan Studio Ghibli berkolaborasi membuat film pendek animasi "Zen - Grogu and Dust Bunnies", yang menandai salah satu kemitraan kreatif yang paling menguntungkan dan menggemaskan dari keduanya.

Variety pada Sabtu melaporkan bahwa film pendek yang digambar tangan ini, tayang pada pada 12 November di Disney+. Film tersebut menyatukan anak alien yang menggemaskan bernama Grogu dari "The Mandalorian" dan Dust Bunnies yang diambil dari mahakarya pemenang Oscar Hayao Miyazaki "Spirited Away".

Studio Ghibli sebelumnya membuat penggemar bingung dengan serangkaian tweet yang membocorkan soal kolaborasi tersebut. Pertama dengan mengunggah video logo Lucasfilm dan Ghibli, kemudian foto patung Grogu dengan Miyazaki duduk sebagai di latar belakangnya.

Baca juga: Ghibli Park segera dibuka November 2022 dengan ragam wahana unik

Baca juga: Dunia Totoro segera hadir di Studio Ghibli Theme Park Jepang

Disney akhirnya mengkonfirmasi kolaborasi tersebut dalam tweet pada Jumat (11/11) malam waktu setempat, tetapi tidak ada informasi lebih lanjut tentang proyek yang akan dirilis.

Ini bukan pertama kalinya Lucasfilm bermitra dengan studio anime. Mulai tahun 2020, Lucasfilm merekrut studio animasi di Jepang untuk membuat sembilan film pendek untuk seri antologi "Star Wars: Visions" untuk Disney+, yang memungkinkan setiap studio untuk membuat narasi apa pun yang diinginkan dalam alam semesta "Star Wars".

Musim 1 tayang perdana pada September 2021, dan Musim 2 diperkirakan debut pada musim semi mendatang.

Pada bulan ini Ghibli membuka taman hiburan di Jepang yang didedikasikan untuk karya Miyazaki, salah satu pendiri studio dan pembuat film paling terkenal.

Tidak seperti kebanyakan taman, pengunjung dapat menjelajahi lokasi yang dirancang untuk membangkitkan fitur animasi Miyazaki, seperti Catbus dari "My Neighbor Totoro" tahun 1988.

Setelah pensiun pada tahun 2013 dengan "The Wind Rises", Miyazaki kembali ke Ghibli untuk film animasi ke-12, "How Do You Live?", yang terinspirasi oleh novel Jepang tahun 1937 karya Yoshino Genzaburo.

Studio belum mengumumkan kapan film tersebut akan dirilis, tetapi presidennya, Koji Hoshino, dilaporkan mengumumkan selama konferensi pers Oktober 2022 untuk Taman Ghibli bahwa "How Do You Live?" sudah hampir selesai.

Baca juga: Lucasfilm akan buat "Star Wars" baru

Baca juga: Terinspirasi kisah heroik penggemar, "Star Wars" umumkan Jedi baru

Baca juga: "Star Wars: The Rise of Skywalker", jawaban akhir saga "Skywalker"

Penerjemah: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022