Wenchang, China (ANTARA) - Pesawat ruang angkasa kargo China, Tianzhou-5, siap diluncurkan, menurut Situs Peluncuran Pesawat Luar Angkasa Wenchang, di bawah Pusat Peluncuran Satelit Xichang, di provinsi pulau selatan China, Hainan, sebagaimana dilaporkan Xinhua pada Jumat.

Peluncuran Tianzhou-5 itu akan menjadi misi peluncuran ke-200 untuk Pusat Peluncuran Satelit Xichang tahun ini, serta yang terakhir untuk situs peluncuran Wenchang tahun ini.

Situs tersebut telah melakukan latihan dan persiapan akhir untuk peluncuran itu, yang mencakup semua sistem yang terlibat, termasuk mengisi bahan bakar wahana antariksa kargo itu dan memindahkan kombinasi roket-wahana antariksa itu ke area peluncuran.

Semua sistem dalam kondisi baik, dan situs peluncuran itu tengah bersiap untuk mengisi bahan bakar roket tersebut sesuai jadwal.

Zhong Wen'an, kepala insinyur di Pusat Peluncuran Satelit Xichang, mengatakan mereka telah menyelesaikan latihan paling ekstensif sebelum peluncuran, yang juga merupakan latihan gabungan terakhir.

"Peralatan dan fasilitas dalam kondisi baik, dan prakiraan cuaca pada hari peluncuran memenuhi persyaratan," kata Zhong.

Kombinasi Tianzhou-5 dan roket pengangkut Long March-7 Y6 telah dipindahkan ke area peluncuran pada Rabu (9/11).

China meluncurkan modul laboratorium luar angkasa Mengtian pada 31 Oktober, membawa proses pembangunan stasiun luar angkasa negara itu Tiangong ke tahap akhir.

Negara itu akan melakukan tiga misi lagi, yakni peluncuran wahana antariksa kargo Tianzhou-5 dan pesawat luar angkasa berawak Shenzhou-15, serta membawa kru Shenzhou-14 pulang ke Bumi, sebelum menyelesaikan pembangunan stasiun luar angkasa di orbit pada akhir tahun ini.




 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022