Jakarta (ANTARA) - PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan kendaraan varian listrik penuh mereka di Indonesia yaitu Toyota bZ4X yang dibanderol dengan harga mencapai Rp1,19 miliar berstatus on the road Jakarta.

"Sejalan dengan komitmen Mobility for All, kami melengkapi pilihan teknologi elektrifikasi yang sudah ada dengan All New bZ4X sebagai produk Battery EV Toyota pertama yang dipasarkan untuk pelanggan di Indonesia," kata President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Susumu Matsuda di jakarta, Kamis.

Baca juga: Sandiaga harap G20 jadi pemicu minat penggunaan EV

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa kendaraan listrik penuh pertama di Indonesia dari Toyota ini, merupakan salah satu bentuk realisasi visi dari Toyota dalam menghadirkan ever-better cars sebagai sarana mobilitas masyarakat yang bebas polusi dan ramah lingkungan.

Dalam kesempatan yang sama, Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM, Henry Tanoto menyatakan bahwa kehadiran kendaraan ini akan menjadi pionir Battery EV Toyota sekaligus melengkapi jajaran kendaraan elektrifikasi di Indonesia yang terdiri dari teknologi Hybrid EV, Plug-In Hybrid EV, dan Battery EV.

"Dengan ini, pelanggan bebas memilih kendaraan elektrifikasi Toyota yang sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Sehingga membuka kesempatan bagi semua untuk bisa berkontribusi mengurangi emisi karbon sembari menjalankan mobilitasnya bersama teknologi kendaraan ramah lingkungan dari Toyota," kata Henry Tanoto.

Hal ini guna mendukung terlaksananya strategi perusahaan tersebut pada 2060 untuk mencapai target Net Zero Emission yang juga sejalan dengan Toyota Environmental Challenge 2050 untuk mengurangi emisi karbon dalam berbagai aspek bisnis, termasuk produk dan teknologi.

Untuk pasar domestik sendiri, Toyota dalam hal ini sudah menghadirkan berbagai produk elektrifikasi sejak 2009 yang dimulai dengan Toyota Prius Hybrid. Hingga kini, TAM secara total melalui Toyota dan Lexus memiliki 14 pilihan produk elektrifikasi, dengan teknologi Hybrid EV, Plug-In Hybrid EV, dan Battery EV.

Selama satu dekade hadirnya kendaraan elektrifikasi di Indonesia, TAM mencatat terdapat total penjualan sebanyak 7.012 unit hingga tahun ini.

Sebagai perbandingan, di kelas yang sama, Hyundai Ioniq 5 dipasarkan dengan harga Rp718 juta hingga Rp829 juta.


Baca juga: Tampilan Honda e:N2 Concept yang debut di China

Baca juga: Mitsubishi belum putuskan berinvestasi di unit EV baru Renault

Baca juga: 393 mobil listrik untuk G20 tiba di Bali
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022