juga menyiagakan operator pompa sebanyak 149 orang
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Timur (SDA Jaktim) menyiagakan sebanyak 1.156 satgas untuk menghadapi musim hujan di daerah itu dan mereka tersebar di 10 kecamatan.

Kasudin SDA Jakarta Timur, Wawan Kurniawan di Jakarta, Selasa, mengatakan, satgas pasukan biru itu diterjunkan ke sejumlah lokasi yang rawan terjadi genangan saat musim hujan.

"Selain menyiagakan Satgas SDA sebanyak 1.156 orang, kita juga menyiagakan operator pompa sebanyak 149 orang," kata Wawan.

Wawan menambahkan seluruh petugas tersebut sudah terlatih dan siap melakukan penanganan banjir. Mereka juga siap kapan saja ditugaskan untuk membantu warga yang membutuhkan pertolongan saat terjadinya banjir atau genangan.

Baca juga: Pemkot Jaktim percepat pembangunan Embung Kramat Jati

Mulai dari membantu evakuasi perabot rumah tangga milik warga, evakuasi warga hingga membersihkan sampah dan lumpur pasca banjir atau genangan serta kegiatan lain yang dibutuhkan masyarakat.

Wawan mengatakan dari segi peralatan, pihaknya juga sudah menyiapkan alat berat sebanyak 42 unit untuk melakukan pengerukan waduk, embung dan saluran penghubung maupun kali.

Kemudian ada 89 unit truk jungkit untuk mengangkut lumpur. Masing-masing truk berkapasitas muatan bervariasi masing-masing ditempatkan di kantor Sudin SDA ada 25 unit.

Kemudian untuk kapasitas delapan kubik ada 13 unit ditempatkan di kantor Sudin SDA, kapasitas 13 kubik ada tujuh unit ditempatkan di Sudin SDA, kapasitas 22 kubik ada 16 unit di Sudin SDA.

Baca juga: Petugas gabungan kuras saluran air untuk antisipasi banjir di Jaksel

"Kami juga menyiapkan truk pengangkut alat berat (selfloader), derek (crane) dan alat pendukung lainnnya," kata Wawan.

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022