... Ekspor komoditas cangkang kelapa sawit Indonesia ke negara-negara seperti Jepang untuk bahan baku biomassa pun kini trennya meningkat sehingga menjadi peluang besar bagi kerja sama Indonesia - Jepang, khususnya di sektor energi terbarukan dalam u
Jakarta (ANTARA) - Perusahaan patungan bidang energi Indonesia-Jepang yaitu PPT Energy Trading (PPT ET) meneken kerja sama dengan dua mitra Indonesia, yakni PT. Agro Industri Mandiri dan PT. Inti Persada untuk mensuplai biomassa serta PT Riu Mamba Karya Sentosa dan PT Alam Bumi Cemerlang untuk studi konstruksi pabrik "wood pellet".

Penandatanganan kesepakatan itu difasilitasi oleh Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi pada sela-sela "Business Meeting on the Potential Collaboration on the Renewable Energy: Biomass" yang diselenggarakan KBRI Tokyo sebagai rangkaian kegiatan "Indonesia – Japan Friendship Day" di Fukuoka yang diselenggarakan pada 4 – 6 November 2022.

"Indonesia diberkahi dengan kekayaan biomassa yang melimpah dengan industri kehutanan yang besar. Ekspor komoditas cangkang kelapa sawit Indonesia ke negara-negara seperti Jepang untuk bahan baku biomassa pun kini trennya meningkat sehingga menjadi peluang besar bagi kerja sama Indonesia - Jepang, khususnya di sektor energi terbarukan dalam upaya mencapai target netralitas karbon kedua negara," kata Dubes Heri di Fukuoka, Jepang pada Jumat (4/11) dalam keterangan tertulis yang diterima pada Sabtu.

Turut hadir "Chief Representative Pertamina Tokyo" sekaligus Presiden Direktur PPT ET Agus Witjaksono dan Konsul Kehormatan RI di Fukuoka, Matsuji Nishimura yang juga adalah "Director and Chairman" Kyudenko Corporation.

Dubes Heri menekankan biomassa mendapatkan perhatian khusus dari Indonesia seiring dengan percepatan transisi menuju energi bersih.

"Seiring komitmen Pemerintah Indonesia untuk konversi Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) menjadi Tenaga Biomassa (PLTBm) dan kebutuhan bahan baku bahan bakar biomassa yang tinggi di Jepang, saya meyakini akan ada lebih banyak lagi kerja sama bagi Indonesia dan Jepang di sektor energi terbarukan. KBRI Tokyo senantiasa siap menjadi jembatan berbagai peluang kerja sama," tambah Dubes Heri.

Sementara "Chairman" Kyudenko Corporation Matsuji Nishimura mengatakan pentingnya merintis kerja sama pengembangan energi terbarukan untuk dekarbonisasi sebagaimana komitmen Jepang. Ia menilai kerja sama dengan Indonesia yang memiliki kawasan Hutan Tanaman Energi yang luas sangatlah penting.

Sedangkan Kepala Pertamina East Asia yang juga Presiden Direktur PPT Energy Trading Co. Ltd Agus Witjaksono mengatakan, pihaknya akan memfokuskan bisnis energi biomassa karena Indonesia memiliki sumber daya biomassa yang besar untuk suplai ke pasar Jepang.

"Dengan penandatanganan MOU antara PPT Energy Trading dengan partner Indonesia, kami harap dapat lebih banyak kontribusi dalam suplai biomassa dari Indonesia ke Jepang termasuk menjembatani penyuplai dari Indonesia dan pembeli Jepang dengan kualitas, kuantitas dan operasional terbaik untuk produk biomassa," kata Agus Witjaksono.

Pada acara "Indonesia – Japan Friendship Day", Dubes Heri Akhmadi juga memberikan kuliah umum di Universitas Kyushu dengan menekankan bahwa hubungan bilateral Indonesia – Jepang akan lebih diperkuat, salah satunya melalui kolaborasi di sektor energi.

"Guna mendorong percepatan target penurunan emisi karbon, Pemerintah Indonesia telah merancang Grand Design Strategi Energi Nasional dan percepatan pengembangan Energi Baru dan Terbarukan (EBT). Saya harapkan riset-riset terkait EBT yang sangat maju di Universitas Kyushu ini dapat juga di kolaborasikan dengan dunia industri di Indonesia," ungkap Dubes Heri.

Kegiatan "Indonesia – Japan Friendship Day" di Fukuoka akan berlangsung hingga 6 November 2022.

Baca juga: Guru besar UI tawarkan biomassa sebagai energi alternatif

Baca juga: RI bidik perluasan ekspor produk biomassa cangkang sawit ke Jepang

Baca juga: Indonesia-Jepang sepakati kerja sama bisnis biomassa Rp2,1 triliun

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022