Jakarta (ANTARA) - Pada Rabu (2/11), Menteri Kesehatan menyebut bahan kimia pencemar produk obat sirop sebagai faktor risiko terbesar kasus gangguan ginjal akut pada anak dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) masih mendapati 6.001 tautan berkenaan dengan penjualan via daring produk obat sirop yang tercemar bahan kimia berbahaya.

Selain itu, ada warta mengenai lahan perkebunan kelapa sawit di area konservasi tinggi, kemajuan pelaksanaan vaksinasi COVID-19, dan G20 Religion Forum yang bisa disimak kembali dalam rangkuman berita berikut.

Keracunan senyawa pencemar obat sirop disebut sebagai faktor risiko gangguan ginjal akut

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut senyawa pencemar produk obat sirop etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG) sebagai faktor risiko terbesar gangguan ginjal akut pada anak. "Faktor risiko terbesar dari kejadian gangguan ginjal akut adalah senyawa EG dan DEG yang melebihi standar yang diminum anak-anak," katanya dalam rapat kerja bersama Komisi IX DPR di Jakarta, Rabu.

BPOM temukan 6.001 tautan penjualan obat yang berisiko merusak ginjal

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menemukan 6.001 tautan yang teridentifikasi melakukan penjualan produk sirop obat terkontaminasi senyawa berbahaya yang dapat merusak fungsi ginjal. Tautan penjualan obat via daring itu ditemukan pada situs web, media sosial, dan layanan perniagaan elektronik.

KLHK identifikasi 3,4 juta hektare lahan sawit masuk area konservasi tinggi

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyatakan telah mengidentifikasi 3,4 juta hektare lahan perkebunan kelapa sawit masuk dalam area hutan konservasi tinggi di Indonesia.

Penerima vaksinasi dosis ketiga capai 65,13 juta jiwa

Satuan Tugas Penanganan COVID-19 melaporkan jumlah warga Indonesia yang telah menerima vaksinasi COVID-19 dosis ketiga mencapai 65,13 juta jiwa hingga Rabu pukul 12.00 WIB. Jumlah penduduk yang telah mendapat suntikan tiga dosis vaksin COVID-19 tercatat bertambah 50.095 orang menjadi total 65.138.522 orang.

Menteri Agama sebut Pancasila sebagai pemersatu bangsa di forum R20

Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas di hadapan para pemuka lintas agama dunia dalam acara G20 Religion Forum atau R20 menyampaikan bahwa Pancasila, dasar negara Indonesia, merupakan pemersatu bangsa.

 

Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2022