Histori kemitraan antara Bank Muamalat dan PNM sudah terjalin selama lebih dari dua dekade baik dalam bentuk funding maupun lending. Oleh karena itu, penyaluran pembiayaan ini adalah kelanjutan dari hubungan kerja sama yang sudah terjalin erat
Jakarta (ANTARA) - PT Bank Muamalat Indonesia Tbk menyalurkan pembiayaan kepada PT Permodalan Nasional Madani (PNM) senilai Rp500 miliar yang akan dijadikan modal bagi pelaku usaha ultra mikro perempuan melalui produk Mekaar Syariah.

Pembiayaan itu menggunakan akad Al-musyarakah dengan tenor maksimal 12 bulan.

“PNM telah menjadi nasabah Bank Muamalat sejak 2000 dan sebelumnya mendapatkan fasilitas pembiayaan dari perseroan dalam bentuk bilateral maupun sindikasi. Kerja sama lanjutan ini diharapkan dapat meningkatkan portofolio pembiayaan perseroan khususnya di segmen korporasi,” kata Chief Wholesale Banking Officer Bank Muamalat Irvan Y. Noor dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu.

Seremoni penandatanganan kerja sama ini dihadiri oleh Irvan dan Direktur Keuangan dan Operasional PNM Ninis Kesuma Adriani dan dilaksanakan pada Rabu (2/11) di Kantor Pusat PNM, Jakarta.

“Histori kemitraan antara Bank Muamalat dan PNM sudah terjalin selama lebih dari dua dekade baik dalam bentuk funding maupun lending. Oleh karena itu, penyaluran pembiayaan ini adalah kelanjutan dari hubungan kerja sama yang sudah terjalin erat,” ujar Irvan.

Ia berharap kerja sama ini menjadi momentum yang baik dan dapat berlanjut dalam ekosistem bisnis yang lebih luas.

Sebelumnya pada Desember 2021 Bank Muamalat juga berpartisipasi dalam penyaluran fasilitas modal kerja sindikasi syariah untuk tujuan penyaluran pembiayaan kepada nasabah PNM melalui produk ULaMM dan Mekaar Syariah.

Dukungan Bank Muamalat terhadap program-program PNM ini adalah wujud komitmen perseroan dalam memajukan usaha mikro, kecil dan menengah yang telah terbukti dapat bertahan dalam menghadapi gejolak ekonomi.

Baca juga: Bank Muamalat pacu pembiayaan haji khusus dan umrah

Baca juga: Bank Muamalat kerja sama dengan tujuh bank syariah

Baca juga: Bank Muamalat salurkan Rp150 miliar untuk proyek bus listrik PT INKA

 

Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022