Kapuas Hulu (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat kembali menyalurkan bantuan paket sembako untuk korban banjir di daerah pesisir sungai Kapuas wilayah setempat.

"Yang kami salurkan untuk Kecamatan Silat Hilir, Semitau, Suhaid dan yang terakhir nanti Bunut Hilir," kata Kepala BPBD Kapuas Hulu Gunawan, kepada ANTARA, di Putussibau Kapuas Hulu, Rabu.

Paket bantuan berupa sembako itu terdiri dari beras, telur dan juga mie instan untuk Kecamatan Silat Hilir sebanyak 1.250 paket yang diserahkan langsung ke Camat Silat Hilir.

Menurutnya, ada beberapa bantuan paket sembako yang sudah di salurkan ke kecamatan diantaranya yaitu Kecamatan Putussibau Selatan untuk Kelurahan Kedamin Hilir, Kedamin Hulu, Desa Tanjung Jati, Suka Maju dan Desa Engko Tambe.

Baca juga: Kegiatan belajar di 29 sekolah di Kapuas Hulu dihentikan semasa banjir

Baca juga: Disdikbud Kapuas Hulu hentikan pembelajaran sekolah terdampak banjir


Kecamatan Putussibau Utara untuk Desa Padua Mandalam, Sibau Hilir, Sibau Hulu, Tanjung Lasa, Pala Pulau, Kelurahan Hilir Kantor dan Kelurahan Putussibau Kota.

Kecamatan Bika untuk Desa Bika, Penyeluang, Melapi Mandai, Teluk Sindor, Bika Hulu, Nanga Mandai, Jelemuk dan Desa Jongkong Mandai.

Kecamatan Embaloh Hilir untuk Desa Nanga Embaloh, Nanga Palin, Nanga Lauk, Keliling Semulung, Pala Pintas, Kirin Nangka, Ujung Bayur, Lawik dan Desa Belatung.

Kemudian, Kecamatan Bunut Hulu untuk Desa Temuyuk dan Nanga Semangut. Sedangkan Kecamatan Mentebah untuk Desa Nanga Mentebah.

Kecamatan Pengkadan untuk Desa Pengkadan Hilir, Rian Panjang, Sira Jaya dan Desa Mawan.

Kecamatan Seberuang untuk Desa Tajau Mada dan Desa Nanga Pala, selanjutnya Kecamatan Boyan Tanjung untuk Desa Karya Baru.

"Beberapa kecamatan itu sudah disalurkan, sedangkan untuk Kecamatan Silat Hilir, Semitau, Suhaid dan yang terakhir nanti Bunut Hilir, mulai disalurkan Selasa (1/11) kemarin," kata Gunawan.

Dia berharap bantuan yang disalurkan tersebut dapat tepat sasaran bagi masyarakat terdampak banjir yang membutuhkannya.

Kondisi banjir di beberapa kecamatan di Kapuas Hulu sudah surut, namun daerah pesisir sungai Kapuas masih terdampak.

"Kami terus mengingatkan para camat dan kepala desa untuk selalu memantau perkembangan bencana alam di daerahnya masing-masing dan apabila terjadi bencana segera melaporkan kondisi ke BPBD Kapuas Hulu baik secara online mau pun offline," ucap Gunawan.*

Baca juga: Banjir di Kapuas Hulu meluas ke 10 kecamatan, warga gunakan sampan

Baca juga: Delapan kecamatan dilanda banjir, BPBD minta warga Kapuas Hulu siaga
Petugas BPBD Kapuas Hulu Kalimantan Barat menyalurkan paket sembako bantuan korban banjir di Kecamatan Silat Hilir, wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat. ANTARA/HO-BPBD Kapuas Hulu. (ANTARA/Teofilusianto Timotius)

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022