Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo menyaksikan peragaan prajurit dan pameran alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI dalam Indo Defence 2022 Expo dan Forum di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, Rabu.

Presiden Jokowi tiba di JIEXPO Kemayoran sekitar pukul 08.55 WIB dan selanjutnya memasuki area pertunjukan langsung (live demo) di kawasan JIEXPO didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, dan para pejabat terkait lainnya.

Pertunjukan pertama dari jajaran pasukan Korps Pasukan Khusus (Kopassus) TNI Angkatan Darat (AD). Pasukan elit TNI AD itu menunjukkan adegan penyelamatan sandera dalam skenario penculikan oleh teroris. Kemampuan terlatih dari Kopassus itu juga dipersiapkan untuk pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali.

Selanjutnya, pertunjukan aksi penyelamatan dari pasukan gabungan tiga matra TNI, TNI AD, TNI Angkatan Udara (AU), dan TNI Angkatan Laut (AL). Selanjutnya, turut terlibat dalam pertunjukan selanjutnya adalah pasukan Brimob Polri dan Denwalsus Kementerian Pertahanan.

Baca juga: Prabowo apresiasi keikutsertaan Singapura di Indo Defence 2022

Turut pula ditampilkan dalam pertunjukan langsung tersebut ialah sejumlah kendaraan tempur buatan industri dalam negeri PT Pindad Persero yang merupakan anggota BUMN holding industri pertahanan Defend ID, yakni Maung 4x4, Morino Moto EV, dan Anoa.

Selanjutnya, pasukan dari Dinas Penerbangan TNI AD melakukan terjun militer, yang dua penerjun di antaranya membawa satwa. Turut melakukan terjun militer itu ialah pasukan khusus TNI AU Kopasgat dan pasukan khusus TNI AL Denjaka.

Presiden Jokowi juga dijadwalkan meninjau pameran Indo Defence 2022 Expo dan Forum. Dalam Indo Defence 2022, terdapat 905 perusahaan industri pertahanan dari sekitar 59 negara yang ikut terlibat dalam Indo Defence 2022.

Menurut data Kementerian Pertahanan, dari 905 industri pertahanan yang mengikuti pameran bertema Peace, Prosperity, Strong Defence itu, lebih dari 150 perusahaan di antaranya merupakan industri pertahanan dalam negeri.

Pameran tersebut digelar di tiga lokasi di Jakarta secara bersamaan, yakni JIexpo Kemayoran, Jakarta Pusat; Pangkalan TNI Angkatan Laut Pondok Dayung, Jakarta Utara; serta Apron Selatan Pangkalan Udara (Lanud) TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Sekitar 21 pejabat setingkat menteri, panglima angkatan bersenjata, dan kepala staf angkatan dari berbagai negara juga dijadwalkan hadir.

Baca juga: Presiden Jokowi tiba di JIExpo hadiri Indo Defence 2022
Baca juga: Defend ID hadir di Indo Defence 2022 Expo & Forum

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2022