Jakarta (ANTARA) - Perusahaan rintisan (startup) yang bergerak di bidang pendidikan berbasis digital PT Greatedu Global Mahardika (Great Edu) mendukung mahasiswa di perguruan tinggi untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilannya agar siap memasuki dunia industri.

Kali ini Greatedu hadir di ajang Career Fest UPI 2022 (UPI Job Fair), di Bandung, Jawa Barat, dan menyodorkan peluang mengikuti Program Kampus Merdeka bagi mahasiswa maupun mereka yang baru lulus kuliah atau fresh graduate.

"Peluang ini berupa Program Kampus Merdeka di mana mereka bisa magang ataupun melakukan studi independen untuk mengasah kompetensi yang spesifik," kata Chief Executive Officer (CEO) Greatedu Ade Irma Setya Negara dalam keterangan di Jakarta, Selasa.

Berkolaborasi dengan perguruan tinggi, Great Edu menyediakan beberapa kegiatan, seperti Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di bidang penelitian, studi independen, dan program magang.

Di Kampus Merdeka, ada program Studi Independen Bersertifikat yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas, namun tetap diakui sebagai bagian dari perkuliahan.

Program tersebut diperuntukkan bagi mahasiswa yang ingin membekali diri dalam dunia industri dengan menguasai kompetensi yang sesuai. Dalam hal itu yang dipelajari mencakup, pertama, mempelajari kompetensi yang spesifik, praktis, dan dibutuhkan pada masa mendatang.

Kedua, berinteraksi dengan para pakar untuk memahami penerapannya. Ketiga, mempraktekkan kompetensi tersebut dalam sebuah proyek riil. Selain itu, mahasiswa juga bisa berkreativitas tanpa batas dengan adanya pengalaman mengimplementasikan ilmu yang sesuai standar industri.

"Apalagi kolaborasi kami dengan banyak pelaku industri tentunya semakin memudahkan bagi para pengunjung Career Fest UPI untuk penempatan magang," ujar Irma.

Dalam hal studi independen, tambah Irma, di Greatedu juga rutin menyelenggarakan kursus yang spesifik dan berkelanjutan.

"Beberapa waktu lalu kami juga sudah menjalin kolaborasi dengan Asosiasi Blockchain Indonesia (ABI) di mana nantinya dibuat kelas-kelas seputar blockchain dan kripto," kata Irma.

Selain ratusan peserta yang berkunjung, stand Great Edu di ajang Career Fest UPI 2022 juga disambangi oleh Menteri Perdagangan RI Periode 2016-2019 Enggartiasto Lukita.

Enggar terlihat antusias berbincang tentang Program Kampus Merdeka yang disodorkan Great Edu untuk para pengunjung.

Selain di kampus UPI, Bandung, Great Edu juga akan hadir di ajang career fest 2022 di berbagai kampus lainnya di Indonesia.

"Kehadiran di kampus-kampus merupakan bentuk komitmen kami untuk terus menjalin kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi di Indonesia," ujar Irma.

Baca juga: Startup Great Edu terus dorong mahasiswa siap masuki dunia kerja
Baca juga: Startup Great Edu dorong pengembangan SDM di Indonesia Timur
Baca juga: BP2MI dan Great Edu kolaborasi tingkatkan keterampilan pekerja migran
Baca juga: Great Edu bidik pendapatan Rp68 miliar sepanjang 2022

 

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022