untuk menggerakkan seluruh generasi muda Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, menggelar kegiatan pawai budaya dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda di Monumen Tugu Api TMII, Jumat.

Direktur Eksekutif TMII, Emilia Eni Utari, di Jakarta, mengatakan kegiatan bertajuk "Gema Eksotika Budaya Nusantara" itu melibatkan seluruh anjungan daerah yang ada di TMII.

"Taman Mini Indonesia Indah berkolaborasi dengan seluruh anjungan di daerah menyelenggarakan kegiatan program Gema Eksotika Budaya Nusantara dan kita memperingati Hari Sumpah Pemuda," kata Emilia. 

Emilia menambahkan kegiatan tersebut diikuti oleh sebanyak 1.000 orang peserta yang merupakan pengelola dan juga karyawan dari masing-masing anjungan daerah di TMII.

Baca juga: Menteri PUPR persembahkan wajah baru TMII untuk dukung Presidensi G20

Masing-masing dari anjungan tersebut menampilkan kebudayaan dari asal daerahnya seperti busana adat hingga kesenian tradisional.

"Kami sengaja seluruh anjungan menampilkan beragam budaya selain tarian juga musiknya," ujar Emilia.

Tak hanya pawai budaya, kegiatan tersebut juga diisi dengan pembacaan teks Sumpah Pemuda yang diikuti oleh seluruh peserta kegiatan.

Emilia mengatakan kegiatan tersebut juga bagian dari promosi TMII setelah dilakukan renovasi dalam rangka menyambut perhelatan G20 pada November 2022.

Baca juga: Menteri Basuki peringati Hari Habitat dan Hari Kota Dunia di TMII

Lebih lanjut, Emilia mengatakan melalui kegiatan tersebut diharapkan para generasi muda tidak melupakan budaya tradisional yang ada di setiap daerah Indonesia.

"Kegiatan ini untuk menggerakkan seluruh generasi muda Indonesia untuk cinta budaya," kata Emilia.

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022