Singapura (ANTARA) - Saham-saham Asia bersiap untuk menghentikan kenaikan beruntun tiga hari pada Jumat, karena investor bergulat dengan laporan pendapatan perusahaan yang beragam dan menunggu pertemuan Federal Reserve (Fed) minggu depan untuk petunjuk tentang apakah perubahan arah pada laju kenaikan suku bunga dalam pertimbangan.

Indeks MSCI dari saham Asia Pasifik di luar Jepang tergelincir 1,56 persen menjadi 433,92, tetapi di atas level terendah dua setengah tahun di 427,42 yang disentuh pada Senin (24/10/2022). Indeks jatuh 4,0 persen untuk bulan ini dan terperosok sekitar 31 persen untuk tahun ini.

Di China, indeks saham unggulan CSI 300 berakhir anjlok 2,5 persen, indeks Hang Seng Hong Kong ditutup terpuruk 3,9 persen, mengakhiri minggu yang sulit setelah aksi jual brutal pada Senin (24/10/2022). Angka laba industri yang suram dan meluasnya wabah COVID-19 juga membebani sentimen.

Di tempat lain, Indeks Nikkei Jepang berakhir melemah 0,9 persen, indeks S&P/ASX 200 Australia kehilangan 0,9 persen, sementara Indeks KOSPI Korea Selatan juga ditutup merosot 0,9 persen.

Saham berjangka Eropa mengindikasikan saham akan jatuh, dengan Eurostoxx 50 berjangka turun 0,75 persen, Indeks DAX Jerman berjangka turun 0,71 persen dan FTSE berjangka turun 0,61 persen.

Baca juga: Saham Eropa tergelincir jelang keputusan Bank Sentral Eropa

Laporan laba perusahaan yang mengecewakan telah menambah kesuraman, dengan Amazon.com raksasa teknologi terbaru yang menghadapi hukuman berat dari investor setelah memperkirakan penurunan penjualan.

Laba perusahaan yang tangguh telah menjadi salah satu titik terang di tahun yang suram, meskipun hasil buruk baru-baru ini meningkatkan keraguan tentang berapa lama ini bisa bertahan.

"Kekhawatiran semakin terkait dengan laba (perusahaan)," kata Frank Benzimra, Kepala Strategi Ekuitas Asia di Societe Generale. Ia menambahkan bahwa kenaikan suku bunga tetap menjadi bagian dari kekhawatiran.

"Ini adalah laba dan risiko resesi yang merugikan pasar."

Di pasar mata uang, yen Jepang berputar-putar antara kerugian dan keuntungan terhadap dolar setelah Bank Sentral Jepang (BoJ) mempertahankan kebijakan dovish dan mempertahankan suku bunga ultra-rendah tetapi menaikkan target inflasi.

Langkah yang diharapkan secara luas dari BoJ datang setelah Bank Sentral Eropa pada Kamis (27/10/2022) menaikkan suku bunga lagi, tetapi mengatakan kemajuan "substansial" telah dibuat dalam upayanya untuk melawan lonjakan inflasi.

Baca juga: Saham Asia akhir pekan dibuka melemah, yen stabil jelang keputusan BoJ

Investor sekarang mengalihkan perhatian mereka ke pertemuan Federal Reserve minggu depan. Sementara kenaikan suku bunga 75 basis poin pada akhir pertemuan kebijakan 1-2 November sudah pasti, kemungkinan kenaikan yang lebih kecil 50 basis poin pada Desember adalah 55 persen, menurut alat FedWatch CME.

"Saya tidak berpikir akan ada kejutan di sini (dalam hal kenaikan suku bunga), tetapi akan lebih pada pesan yang akan disampaikan The Fed," kata Benzimra dari Societe Generale.

Komentar yang kurang hawkish dari ECB menambah ekspektasi bahwa bank sentral kemungkinan akan memperlambat laju pengetatan moneter, terutama setelah Bank Sentral Kanada mengejutkan pasar dengan memberikan kenaikan suku bunga yang lebih kecil dari perkiraan pada Rabu (26/10/2022).

Pasar telah mulai memperdagangkan perubahan arah Fed lagi, tetapi ini didefinisikan sebagai kenaikan yang lebih kecil, bukan sebagai perubahan arah "tepat" dari kenaikan ke pemotongan, menurut ahli strategi Citi, mencatat bahwa jeda yang sebenarnya masih beberapa waktu lagi.

Euro naik 0,17 persen menjadi 0,9979 dolar, mengancam untuk naik di atas paritas lagi, menyusul penurunan lebih dari 1,0 persen semalam, setelah nada dovish dari ECB.

Harga minyak turun pada Jumat setelah China, importir minyak mentah utama dunia, memperluas pembatasan COVID-19, tetapi siap untuk kenaikan mingguan di tengah kekhawatiran pasokan.

Baca juga: Harga minyak turun di Asia, dipicu perluasan pembatasan COVID di China

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022