PKM yang diketuai Peny luarannya berupa Komik Si ITO dari kertas daur ulang yang berisi tentang destinasi wisata di Sumut
Medan (ANTARA) - Dua judul Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) lolos ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) 2022.

Wakil Dekan 3 FISIP UMSU Yurisna Tanjung, MAP di Medan, Rabu, mengatakan, pihaknya bersyukur dua kelompok yang diketuai mahasiswa FISIP UMSU lolos ke Pimnas 2022 dan mereka akan bertarung dengan 374 kelompok lainnya yang berasal dari berbagai PTN dan PTS.

'Ini pencapaian luar biasa, kami turut bangga," katanya.

Lolosnya dua judul PKM FISIP UMSU itu sesuai dengan surat pengumuman Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI),
Kementerian Pendidikan Kebudayaan,Riset dan Teknologi RI Nomor : 0887/J7.1/PN.00/2022 tertanggal 14 Oktober 2022 yang ditandatangani Asep Sukmayadi.

Surat tersebut juga sekaligus undangan untuk mengikuti PIMNAS yang akan dilaksanakan secara luring pada 30 November - 4 Desember 2022 di Universitas Muhammadiyah Malang.

Yurisna menyampaikan dua kelompok mahasiswa yang lolos Pimnas itu adalah kelompok yang diketuai Peny Eriska (mahasiswa Ilmu Komunikasi), dengan anggota Lola Fadhillah, Mutasya Biha, Alifah Hanum dan Farah Yasmin Syahrina, serta Dosen Pembimbing Muhammad Andi Proyogi SE.M.Si.

Baca juga: Tingkatkan kelembagaan, FISIP UMSU-FISHUM UIN Yogyakarta kerja sama

Baca juga: Mahasiswa UMSU pecahkan rekor MURI berbalas pantun


Judul PKM-nya ITO: Eco-Friendly Bilingual Comics Integrated Application Mendorong Pariwisata Sumatera Utara Go Internasional.

Kemudian kelompok yang diketuai Muhammad Rionaldo (mahasiswa Kesejahteraan Sosial) dengan anggota Zayyan Ramadhanti, Indah Adelia, dan Aini Tasya Nadira, serta Dosen Pembimbing Sahran Saputra, S.Sos. M.Sos.

​​​​​​Judul PKM-nya Pengembangan Model Microvolunteer Berbasis Aplikasi Digital Sebagai Mediator Relawan Guna Membantu Aktivitas Keseharian Penyandang Tunanetra di DPD PERTUNI Sumut.

“PKM yang diketuai Peny luarannya berupa Komik Si ITO dari kertas daur ulang yang berisi tentang destinasi wisata di Sumut. Sedangkan PKM-nya Rionaldo tentang aplikasi “Mata Kita” untuk membantu aktivitas penyandang tunanetra,” jelas Yurisna.

Baca juga: UMSU-Universitas Malaysia Pahang kerja sama bidang penelitian

Sahran Saputra, selaku dosen pembimbing menyampaikan aplikasi Mata Kita yang digagas mahasiswa ini adalah model pengembangan microvolunteer berbasis digital, yang merupakan salah satu wujud implementasi praktik Prodi Kesejahteraan Sosial.

“Dengan aplikasi ini, penyandang tunanetra dapat meminta bantuan kepada relawan yang sudah terdaftar melalui panggilan video call. Ini juga mereka namakan dengan gerakan Meminjamkan Mata," jelas Sahran.

Dekan FISIP UMSU Dr. Arifin Saleh, MSP merasa yakin bahwa mahasiswanya bisa unjuk gigi di ajang Pimnas 2022.

“Selain bangga, saya juga yakin dua kelompok ini akan mampu mencuri perhatian di ajang bergengsi itu. Mudah-mudahan mereka berhasil membawa medali,” katanya.

Baca juga: UMSU bangun gerakan "Meminjamkan Mata" digital bantu tunanetra

Baca juga: FISIP UMSU luncurkan buku "Rekam Jejak di Masa COVID-19"

Pewarta: Juraidi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022