Jakarta (ANTARA) - Ketua DPP Perindo Bidang Hukum dan HAM Tama S Langkun berpendapat pelaksanaan arahan Presiden Joko Widodo kepada Polri dapat memulihkan citra institusi tersebut yang sempat tercoreng akibat kasus Ferdy Sambo, tragedi Kanjuruhan, dan Teddy Minahasa.

“Kalau ini (arahan dari Presiden Joko Widodo) dilaksanakan dengan baik, itu dapat memulihkan citra kepolisian,” ujar Tama, saat menjadi narasumber dalam webinar bertajuk Bersih-Bersih di Tubuh Polri: Upaya Membangun Polri Berwibawa dan Dicintai Rakyat, sebagaimana dipantau di Jakarta, Jumat.

Baca juga: KSP: Aparat keamanan jangan main-main dengan arahan Presiden

Lebih lanjut, Tama memaparkan beberapa arahan Presiden RI Joko Widodo untuk institusi Polri yang disampaikan di hadapan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo beserta kapolda dan kapolres se-Indonesia di Istana Negara, Jumat (14/10) lalu.

Pertama, ujar dia, adalah perbaikan layanan, yakni Polri memperbaiki layanan atas keluhan masyarakat kepada institusi itu. Menurut Tama, meskipun arahan tersebut merupakan hal yang telah disampaikan berulang kali, layanan Polri memang belum menunjukkan kemajuan yang signifikan sehingga masih perlu untuk diperbaiki.

“Kedua, mengenai isu rasa aman dan nyaman masyarakat. Ini soal persepsi aman yang kemudian hilang karena kepolisian tidak maksimal dalam melaksanakan tugasnya,” ujar dia.

Selanjutnya, Presiden juga mengarahkan Polri agar menjaga soliditas. Soliditas ini penting untuk dijaga, terutama pada saat ini Indonesia sudah mulai memasuki tahun politik dan beberapa tahapan pemilihan umum pun sudah mulai berjalan.

Keempat adalah arahan mengenai kesamaan visi Polri dan ketegasan terkait dengan kebijakan organisasi. Melalui poin tersebut, Presiden Joko Widodo mendorong para pemimpin Polri, baik di provinsi maupun kabupaten/kota agar tidak gamang dan bekerja sesuai dengan standar operasional prosedur serta undang-undang.

“Yang kelima adalah soal wibawa kepolisian, jangan sampai mereka dianggap lemah terkait dengan penegakan hukum. Saya kira ini lima isu yang disampaikan oleh Bapak Presiden dan sebetulnya jika dilakukan dengan baik akan cukup untuk memulihkan citra kepolisian,” ucap Tama.

Baca juga: Polri dinilai makin profesional usai lewati kasus bertubi-tubi
Baca juga: Polri siap bantu tarik obat sirop berbahan kimia dari peredaran
Baca juga: Kapolda Jatim Irjen Toni Harmanto bertekad kembalikan citra Polri

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022