Unud meyakini bahwa pembangunan bandara internasional di pesisir Kubutambahan ini memang memiliki kelayakan untuk didukung
Jakarta (ANTARA) - PT BIBU Panji Sakti melakukan kerja sama dengan Universitas Udayana (Unud) Bali untuk dapat merealisasikan pembangunan bandara baru di wilayah Kubutambahan, Kabupaten Buleleng, Bali.

Kerja sama tersebut dituangkan dalam sebuah nota kesepahaman yang ditandatangani oleh Direktur Utama PT BIBU Panji Sakti, Erwanto Sad Adiatmoko dan Rektor Unud I Nyoman Gde Antara di Kampus Bukit Unud di Jimbaran pada Kamis.

Erwanto menyampaikan bahwa kerja sama tersebut sangat penting lantaran Unud merupakan perguruan tinggi yang memiliki reputasi akademik yang tinggi dan prestisius serta menjadi kebanggaan masyarakat Bali.

"Artinya, Unud meyakini bahwa pembangunan bandara internasional di pesisir Kubutambahan ini memang memiliki kelayakan untuk didukung,” kata Erwanto dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, penandatangan nota kesepahaman ini adalah awal dari pelaksanaan program ke depan yang akan segera ditindaklanjuti dengan merumuskan rencana aksi bersama sebagai implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, terutama dalam penelitian dan pengabdian masyarakat.

Ia mengungkapkan ketertarikan PT BIBU untuk bekerjasama dengan Universitas Udayana tidak lepas dari keragaman fakultas dan program studi yang dimiliki, serta didukung dengan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi.

Melalui kerja sama ini, diharapkan nantinya dapat mewujudkan pembangunan bandara yang berlandaskan kearifan lokal.

“Bandara di Bali utara yang kami rancang, mengutamakan tiga ramah yaitu Ramah Budaya, Ramah Lingkungan dan Ramah Teknologi,” ujarnya.

Sementara itu, Rektor Unud, I Nyoman Gde Antara menyatakan untuk mendukung pembangunan bandara di pesisir Bali Utara yang diinisiasi oleh PT BIBU Panji Sakti.

“Ini merupakan bentuk kontribusi dari Universitas Udayana terhadap program yang mengedepankan pembangunan peradaban dan perekonomian baru khususnya di Kubutambahan Bali Utara, yang berdampak terhadap pembangunan di Bali pada umumnya,’’ katanya.

Menurut dia, kerjasama ini merupakan perwujudan dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya di bidang penelitian dan pengabdian masyarakat.

Antara juga mengungkapkan bahwa Unud memiliki banyak ahli dan pakar di berbagai bidang ilmu yang dibutuhkan PT BIBU dalam membangun bandara internasional di pesisir Kubu Tambahan, Kabupaten Buleleng di Bali Utara.

“Kami dari Unud sangat siap untuk terlibat dan bekerjasama dengan PT BIBU,’’ ujarnya.

Baca juga: Deputi Kemenko: Kehadiran bandara Bali Utara tetap menjadi kebutuhan
Baca juga: PT BIBU ungkap keuntungan lokasi bandara baru di Bali Utara
Baca juga: BIBU-WIR wujudkan visi kelola bandara dengan teknologi metaverse

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022