Jakarta (ANTARA) - Lifter muda Siti Nafisatul Hariroh membuka kran medali emas Indonesia dalam Kejuaraan Asia Angkat Besi atau IWF Asian Championships 2022 yang bergulir di Manamah, Bahrain, Sabtu waktu setempat.

Pada pertandingan pembuka dalam kelas 45kg putri, Indonesia menurunkan dua lifter, yakni Nafis, sapaan akrab Siti Nafisatul Hariroh, dan Najla Khoirunnisa.

Merujuk laman Federasi Angkat Besi Asia (AWF), Nafis tampil apik dengan sukses membawa pulang satu emas dan dua perak.

Medali emas diraihnya dari angkatan clean and jerk dengan 91 kg. Lalu, dua perak dari snatch usai membukukan 79 kg dan total angkatan yakni 162 kg.

Sementara lifter asal Vietnam Kong Why Phoung menjadi yang terbaik dalam kelas 45 kg putri dengan dua emas (snatch 78 kg dan total angkatan 166 kg), serta satu perak pada clean and jerk dalam 88 kg.

Baca juga: PABSI jadikan Kejuaraan Asia awal pilih atlet untuk Olimpiade Paris

Lifter asal India Harshada Shard Garud meraih dua perunggu pada angkatan snatch 68 kg dan total angkatan 152 kg. Adapun perunggu angkatan clean and jerk menjadi milik lifter asal Filipina Rose Jean Ramos dengan 85 kg.

Namun Najla belum mampu menampilkan yang terbaik. Pada angkatan snatch dia berada pada posisi keenam dengan 60 kg. Lalu, dia gagal dari tiga kali percobaan angkatan clean and jerk.

Secara keseluruhan, Pengurus Besar Perkumpulan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PB PABSI) mengirimkan 16 lifter terbaik untuk bersaing dalam Kejuaraan Asia 2022.

Selain Nafisa dan Najla, dari sektor putri ada Windy Cantika Aisah, Juliana Klarisa, Natasya Beteyob, Nelly, Sarah, Tsabitha Alfiah Ramadhani, Restu Anggi, dan Nurul Akmal.

Sementara dari putra ada Satrio Adi Nugroho, Ricko Saputra, Mohammad Yasin, Riski Juniansyah, Rahmat Erwin Abdullah, dan Muhammad Zul Ilmi.

IWF Asian Championships 2022 di Manamah bakal bergulir hingga Sabtu pekan depan (16/10).

Baca juga: Indonesia kirim 16 atlet angkat besi ke Kejuaraan Asia 2022 di Bahrain

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2022