memberikan rasa empati kita kepada saudara-saudara kita khususnya Aremania dan Aremanita
Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Ratusan umat lintas agama menggelar doa bersama untuk para korban tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, pascapertandingan antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya.

Kasubag TU Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malang, Sonhaji di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jumat mengatakan bahwa doa lintas agama itu merupakan bentuk empati kepada saudara-saudara Aremania yang meninggal dunia dalam tragedi tersebut.

“Kita ini diinisiasi dari teman-teman lintas agama, tujuannya adalah untuk memberikan rasa empati kita kepada saudara-saudara kita khususnya Aremania dan Aremanita yang kemarin menjadi korban,” kata Sonhaji.

Sonhaji menjelaskan, umat lintas agama yang mengikuti doa bersama tersebut datang dari enam agama yakni Islam, Katolik, Kristen, Hindu, Budha dan Konghucu. Ia berharap, doa bersama tersebut bisa diikuti oleh umat lintas agama yang ada di wilayah lain.

Baca juga: Kala dunia heningkan cipta untuk korban Tragedi Kanjuruhan
Baca juga: Doa bersama untuk Tragedi Kanjuruhan digelar mantan pemain Persib


Menurutnya, memberikan doa bagi seseorang yang sudah meninggal dunia tersebut nantinya akan menjadi bekal untuk para korban tersebut. Ia berharap para korban tragedi Kanjuruhan mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya.

“Mudah-mudahan mereka tenang di sana dan mendapatkan tempat terbaik,” ujarnya.

Doa umat lintas agama tersebut digelar di depan patung singa di area Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang. Sementara untuk ritual keagamaan lain bagi agama Hindu dan Budha, tetap akan dilanjutkan sesuai dengan kepercayaan masing-masing.

Selain itu, masyarakat juga masih banyak yang mengunjungi Pintu 13 Stadion Kanjuruhan untuk mendoakan kerabat mereka yang meninggal dunia pada 1 Oktober 2022 tersebut. Pada Pintu 13 tersebut, dilaporkan merupakan tempat yang paling banyak menyebabkan korban meninggal dunia.

Dalam tragedi Kanjuruhan tersebut, polisi menetapkan enam orang tersangka yang dianggap melakukan kealpaan hingga menyebabkan meninggalnya seseorang. Salah satu dari enam tersangka tersebut adalah Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) berinisal AHL.

Baca juga: Mahfud sebut penindakan hukum tragedi Kanjuruhan hampir selesai
Baca juga: LPSK sayangkan polisi hapus video milik saksi tragedi Kanjuruhan


Pada Sabtu (1/10), terjadi kericuhan usai pertandingan antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya dengan skor akhir 2-3 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang. Kekalahan itu menyebabkan sejumlah suporter turun dan masuk ke dalam area lapangan.

Kerusuhan tersebut semakin membesar dimana sejumlah flare dilemparkan termasuk benda-benda lainnya. Petugas keamanan gabungan dari kepolisian dan TNI berusaha menghalau para suporter tersebut dan pada akhirnya menggunakan gas air mata.

Penonton yang kemudian berusaha untuk keluar, khususnya di pintu 3, 10, 11, 12, 13 dan 14 mengalami kendala karena pintu yang terbuka hanya kurang lebih selebar 1,5 meter. Kemudian, para penjaga pintu, tidak berada di tempat.

Akibat kondisi tersebut, terjadi desak-desakan yang menyebabkan sumbatan di pintu keluar itu hampir 20 menit. Akibat berdesakan ditambah adanya gas air mata, banyak korban yang mengalami patah tulang, trauma di kepala dan leher dan asfiksia.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Malang korban meninggal dunia akibat tragedi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur sebanyak 131 orang, sementara 440 orang mengalami luka ringan dan 29 orang luka berat.

Baca juga: Polri beberkan kronologi tragedi Kanjuruhan
Baca juga: Menpora lapor Presiden hasil deklarasi bersama empat suporter besar

 

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022