terbaru selesai dikerjakan di Jalan Jembatan Bandung, RT 13 RW 03
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Timur (Pemkot Jaktim) membangun sebanyak 18 sumur resapan di wilayah Kelurahan Pinang Ranti, Kecamatan Makasar, untuk mengantisipasi banjir pada musim hujan di daerah itu.

Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan Kelurahan Pinang Ranti, Euis Mulyani, di Jakarta, Selasa, mengatakan sumur resapan itu dibangun dengan kedalaman 30 meter.

“Sumur resapan di Kelurahan Pinang Ranti yang terbaru selesai dikerjakan di Jalan Jembatan Bandung, RT 13 RW 03, dengan kedalaman 30 meter," kata Euis.

Euis menambahkan dalam pembangunan sumur resapan itu pihaknya mengerahkan sebanyak 12 petugas penanganan prasarana dan sarana umum (PPSU).

Euis berharap dengan adanya pembuatan sumur resapan itu dapat mengurangi genangan di wilayah tersebut terutama pada musim hujan.

Baca juga: Jakarta Timur kebut pengerjaan sumur resapan untuk atasi banjir

“Semoga dengan adanya pembuatan sumur resapan di wilayah Kelurahan Pinang Ranti dapat mengurangi genangan di musim hujan,” ujar Euis.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Jakarta Timur menargetkan membangun sebanyak 2.000 sumur resapan di 10 kecamatan di daerah tersebut pada 2022.

Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar mengatakan, sampai saat ini sudah 1.500 lebih sumur resapan yang telah dibuat dan tersebar di 10 kecamatan dan 65 kelurahan.

Pembuatan sumur resapan itu menyesuaikan kontur tanah di masing-masing wilayah agar tercipta gravitasi air dan daya serapnya tinggi.

Anwar menambahkan, pembangunan sumur resapan itu termasuk program prioritas Pemerintah Kota Jakarta Timur (Jaktim) dalam penanganan banjir.

Baca juga: Pembangunan sumur resapan di DKI Jakarta perlu dilanjutkan

Dia mengatakan pembuatan sumur resapan disesuaikan dengan kondisi lingkungan tersebut. Apabila dirasa membutuhkan banyak sumur resapan maka akan dibuat lebih banyak.

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022