Dengan kekuatan yang kecil, Kompolnas mendapat tugas melakukan pengawasan yang begitu luas dan begitu kompleks.
Jakarta (ANTARA) - Ketua Harian Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Benny Josua Mamoto mengatakan bahwa pihaknya mengusulkan penambahan dukungan di bidang sumber daya manusia (SDM), yakni pengadaan tenaga ahli untuk memperkuat kelembagaan Kompolnas.

"Kompolnas mengusulkan penambahan dukungan di bidang SDM. Saat ini kami mengusulkan adanya tenaga ahli," kata Benny Josua dalam seminar bertajuk Revitalisasi Kompolnas diselenggarakan di platform Zoom Meeting, dipantau dari Jakarta, Selasa.

Benny mengaku Kompolnas mengalami kesulitan dalam melakukan pengawasan terhadap Polri.

"Bisa dibayangkan, sembilan komisioner, didukung dengan sekretariat berjumlah 72 staf, termasuk pengemudi dan sebagainya, harus mengawasi institusi Polri yang notabene jumlah personelnya 434.135, jumlah polda 34, dan akan ada pemekaran lagi, jumlah polres ada 508, dan polsek ada 4.955," ucap Benny.

Terlebih, kata Benny, tiga anggota dari unsur pemerintah, yakni Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam), Menteri Dalam Negeri (Mendagri), dan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) memiliki kesibukan masing-masing.

"Otomatis yang aktif secara penuh adalah enam komisioner, tiga perwakilan unsur pakar kepolisian, tiga perwakilan unsur tokoh masyarakat," ucapnya.

Selain mengawasi personel Polri, pihaknya juga harus melakukan pengawasan terhadap anggaran Polri.

"Karena anggaran Polri sangat besar, yaitu Rp111,02 triliun. Jadi, tadi dengan kekuatan yang kecil, kami dapat tugas untuk melakukan pengawasan yang begitu luas dan begitu kompleks," ucap Benny.

Ia melanjutkan, "Jadi, dengan kewenangan dan dukungan SDM, serta sarana dan prasarana yang terbatas, kami berusaha untuk mengoptimalkan yang ada."

Dalam kesempatan tersebut, Benny juga menegaskan pentingnya sinergisme antara Polri dan Kompolnas untuk mengoptimalkan pengawasan.

"Presiden, dalam rapat perdana, beliau menyampaikan pesan. Dalam melakukan pengawasan kepada Polri, lakukanlah sinergi yang baik dan kolaborasi yang baik," kata Benny.

Pesan tersebut dia wujudkan dalam berbagai macam kegiatan. Kompolnas membangun komunikasi yang lebih baik dengan Polri sehingga segala data dan informasi yang dibutuhkan dalam rangka merespons pertanyaan publik, dalam rangka merespons pertanyaan pimpinan, maupun dalam merespons dalam kaitan Kompolnas melakukan kajian dapat berjalan dengan lancar.

Baca juga: Kompolnas perkuat lembaga melalui revisi kewenangan pengawasan
Baca juga: Menilik fungsi, tugas dan kewenangan Kompolnas dalam memperkuat Polri

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022