Prakerja sudah memberikan beasiswa pelatihan kepada hampir 15 juta orang di seluruh Indonesia
Bontang, Kaltim (ANTARA) - Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja menyampaikan bahwa program penyelenggaraan pelatihan telah menjangkau seluruh wilayah Tanah Air dengan 60 persen  peserta tinggal di desa.

"Prakerja sudah memberikan beasiswa pelatihan kepada hampir 15 juta orang di seluruh Indonesia dengan seluruh kabupaten/kota sudah terkover. Dari seluruh peserta, 60 persen tinggal di desa," ujar Direktur Kemitraan, Komunikasi dan Pengembangan Ekosistem Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Kurniasih Suditomo dalam Temu Alumni Kartu Prakerja di Bontang, Kalimantan Timur, Jumat.

Menurut data Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, sebanyak 43,57 juta orang telah lolos verifikasi dengan 14,91 juta di antaranya menjadi penerima efektif. Sebanyak 14,08 juta orang telah menyelesaikan pelatihan.

Dari survei evaluasi yang dilakukan pada 2020-2022 sebanyak 60 persen tinggal di desa dan 3 persen tinggal dalam kabupaten kategori tertinggal. Sebanyak 49 persen adalah perempuan dan 3 persen adalah penyandang disabilitas.

Baca juga: Menko Airlangga: Kartu Prakerja kisah sukses transformasi pendidikan

Baca juga: Kartu Prakerja selenggarakan pelatihan relevan dengan industri


"Untuk Kalimantan Timur total penerima ada sekitar 310 ribu orang sudah menerima. Di mana 13 ribu berasa dari Kota Bontang," tuturnya.

Berdasarkan data, sebanyak 4 persen dari pemanfaat di Kalimantan Timur berasal dari kabupaten kategori miskin ekstrem dan 52 persen tinggal di desa.

Dalam kesempatan itu, salah satu penerima Kartu Prakerja asal Kota Bontang, Sudrajat Nugraha, menyampaikan apresiasinya atas program tersebut.

Peserta yang lolos ketika Kartu Prakerja membuka gelombang ke-7 itu mengatakan program itu memberikan kompetensi di bidang yang diminatinya. Kemampuan itu membantunya bekerja sebagai freelancer di bidang desain grafis dan digital marketing.

"Pembelajaran dari video-video Prakerja saya terapkan di semua aspek pekerjaan," katanya.

Baca juga: Integrasi data Kartu Prakerja dan Kemenko PMK pertajam target bansos

Baca juga: MPPKP: Kartu Prakerja beri dampak positif bagi masyarakat di pedalaman

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022