Jakarta (ANTARA) - Mesir ingin mengajukan diri sebagai tuan rumah Olimpiade 2036, demikian ungkap menteri olahraga Ashraf Sobhi di sela-sela pertemuan dengan presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach di Kairo, Sabtu.

"Presiden Abdel Fattah al-Sissi telah memberi izin Mesir untuk maju sebagai tuan rumah Olimpiade 2036," kata Sobhi dikutip AFP.

Apabila sukses dengan pengajuan diri itu, Mesir bisa menjadi negara Arab atau Afrika pertama yang menjadi tuan rumah Olimpiade.

"Mesir memiliki infrastruktur olahraga yang solid dan dapat menggelar Olimpiade, ini akan bersejarah," kata Bach di sesi jumpa pers didampingi Sobhi.

Baca juga: KOI siap sukseskan "bidding" IKN Nusantara tuan rumah Olimpiade 2036

Mesir akan menjadi saingan Indonesia yang sudah terlebih dahulu mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2036, yang menurut pemerintah bakal digelar di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Ofisial Mesir mengumumkan lebih awal pada bulan ini bahwa Mesir, Yunani dan Arab Saudi sedang membahas rencana menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2030.

Mesir pada 2019 menjadi tuan rumah Africa Cup of Nations serta kejuaraan dunia handball pada tahun lalu di kala pandemi.

Baca juga: Kalahkan Indonesia, Brisbane jadi tuan rumah Olimpiade 2032
Baca juga: Program penjualan tiket Olimpiade Paris 2024 dimulai pada Desember
Baca juga: Paris tuan rumah Olimpiade 2024, Los Angeles 2028

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022