Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita humaniora pada Selasa (20/9) yang mendapat perhatian pembaca dan masih menarik untuk disimak pagi ini, mulai dari prosesi pemakaman Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra hingga Kemenkes instruksikan dinas agar terapkan transformasi kesehatan.

Adapula berita tentang dampak perubahan iklim yang mengakibatkan berbagai bencana serta usulan pemanfaatan septik komunal untuk produksi biogas di pesantren di Jawa Tengah.

Berikut rangkuman berita pada Selasa:

1. JK : Almarhum Azyumardi banyak berkontribusi pada pemikiran Islam

Wakil Presiden RI ke-10 dan 12 Jusuf Kalla (JK) menyebutkan almarhum Ketua Dewan Pers, Prof. Azyumardi Azra banyak berkontribusi menulis buku dalam pemikiran-pemikiran Islam di Indonesia.

"Beliau begitu banyak menulis buku, saya kira dari banyaknya akademisi dalam menuangkan pemikiran-pemikiran Islam paling banyak," ucap JK usai menyambut kedatangan jenazah di Gedung Human Remains Transit Lounge Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

2. Dampak perubahan iklim skala lokal sebabkan beragam fenomena bencana

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat dampak perubahan iklim pada skala lokal telah menyebabkan beragam fenomena bencana hidrometeorologi.

Pelaksana tugas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam Disaster Briefing yang diikuti di Jakarta, Senin, menjelaskan sejak akhir 2019 atau awal 2020 La Nina, Indonesia mengalami intensitas hujan dan frekuensi hujan yang lebih tinggi.

Sehingga menyebabkan beberapa wilayah yang dulunya memiliki hari tanpa hujan lebih lama, menjadi lebih singkat.

3. Wagub Jateng usul tangki septik komunal untuk biogas mandiri

Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen mengusulkan pengadaan tangki septik komunal di pondok pesantren untuk memroduksi biogas secara mandiri sebagai bentuk pengembangan energi baru terbarukan.

"Pondok pesantren yang memiliki jumlah santri tidak sedikit bisa menjadi pilot project pemanfaatan biogas dari septic tank komunal. Kemudian biogas dari tinja manusia dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan memasak dan sebagainya," kata Taj Yasin di Kabupaten Grobogan, Selasa.

4. Menko PMK pimpin upacara pemakaman Azyumardi Azra

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy memimpin upacara pemakaman Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa.

Pada upacara pemakaman yang berlangsung mulai pukul 09.00 WIB, digelar secara militer. Menko PMK bertindak sebagai Inspektur upacara. Jenazah dimakamkan di Blok Z Nomor 426 TMP.

5. Kemenkes instruksikan dinas segera terapkan transformasi kesehatan

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Kesehatan RI Kunta Wibawa Dasa Nugraha menginstruksikan seluruh dinas kesehatan di daerah segera mengimplementasikan transformasi enam pilar layanan kesehatan.

"Dinas kesehatan adalah ujung tombak kesehatan dalam menghadapi pandemi COVID-19. Hal itu menandakan transformasi kesehatan sudah harus dilakukan di level tersebut, di semua wilayah di Indonesia," kata Kunta Wibawa Dasa Nugraha yang dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022