Milan (ANTARA) - Sedikitnya delapan orang tewas akibat hujan lebat semalaman dan banjir di wilayah Marche, Italia tengah, kata otoritas setempat pada Jumat.

Tim penyelamat juga masih mencari empat orang yang hilang.

Sekitar 400 milimeter hujan turun dalam waktu dua hingga tiga jam dan membanjiri jalan-jalan di beberapa kota di sekitar ibu kota wilayah Ancona di Pantai Adriatik.

“Itu seperti gempa bumi,” kata Wali Kota Serra Sant'Abbondio Ludovico Caverni kepada radio pemerintah RAI.

Rekaman yang dirilis oleh pemadam kebakaran menunjukkan tim penyelamat yang menggunakan rakit mencoba mengevakuasi orang-orang di kota tepi laut Senigallia, sementara yang lain berusaha membersihkan jalan bawah tanah dari puing-puing.

Stefano Aguzzi, kepala perlindungan sipil di pemerintah daerah Marche, mengatakan hujan turun jauh lebih kuat dari yang diperkirakan.

"Kami diberi peringatan normal untuk hujan, tetapi tidak ada yang mengharapkan hal seperti ini," kata dia kepada wartawan.

Kepala badan perlindungan sipil nasional Fabrizio Curcio sedang menuju ke Ancona untuk menilai kerusakan, sementara ketua partai yang berkampanye untuk pemilihan 25 September di Italia menyatakan solidaritas mereka.


Sumber: Reuters
Baca juga: Italia utara waspada banjir
Baca juga: Hujan deras picu banjir di Italia
Baca juga: Dua orang tewas, satu hilang akibat banjir di Italia Utara

 

Penerjemah: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2022