untuk meningkatkan partisipasi serta aktivasi komunitas-komunitas masyarakat wilayah pesisir
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menghadirkan Festival Maritim dengan memberdayakan masyarakat kawasan pesisir Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu meliputi Muara Angke, Pantai Indah Kapuk, Penjaringan, Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Selatan pada akhir pekan September 2022.

Kegiatan bertajuk Jakarta Maritim Fest yang digelar pada 17, 18, 24, dan 25 September itu memiliki sejumlah agenda melibatkan masyarakat pesisir mulai dari lokakarya pengolahan ikan bagi UMKM, sosialisasi uang rupiah 2022 dari Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta, konservasi alam lewat penanaman mangrove, booth vaksinasi, festival layang-layang hias, bazar UMKM, festival musik, dan permainan tradisional.

"Tujuan penyelenggaraan acara ini adalah untuk meningkatkan partisipasi serta aktivasi komunitas-komunitas masyarakat wilayah pesisir, khususnya nelayan dan teman-teman UMKM," kata Manajer Komunikasi Korporat PT Jakarta Propertindo (Perseroda) Melisa Suciati di Jakarta, Jumat.

Acara tersebut juga diharapkan menjadi momentum kebangkitan kembali aktivitas masyarakat di kawasan pesisir Jakarta dan Kepulauan Seribu pascapandemi COVID-19 dalam hal ekonomi, olah raga, pariwisata dan budaya.

Mengingat, begitu banyak kreasi dan rekreasi berbasis kearifan lokal di kawasan pesisir dan Kepulauan Seribu yang menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Jakarta.

Nantinya salah satu rangkaian acara Jakarta Maritim Fest yang juga dipersiapkan adalah Gowes di Utara, yakni bersepeda bersama dari Jakarta International Stadium (JIS) ke Gerbang Jalasena, Pantai Maju, Jakarta Utara pada 25 September.

Untuk mengikuti kegiatan tersebut, peserta mendaftar secara daring terlebih dahulu melalui tautan berikut.

Selain itu juga ada gerak lari mengitari kawasan Pantai Maju dengan panjang rute kurang lebih mencapai lima kilometer.

Jakarta Maritim Festival juga mendukung sosialisasi Bank Indonesia kepada para pelaku UMKM terkait tren inflasi, wajah baru rupiah tahun 2022, dan lain-lain.

"Dari Bank Indonesia, ada sosialisasi dari Analis Senior Departemen Pengelolaan Uang ibu Deviana Anthony yang akan memberi insight terkait inflasi, mata uang baru dan lain-lain ke para pelaku UMKM pada 17 September nanti," kata Melissa.
Baca juga: Imigrasi Priok minta tim PORA dukung pariwisata Kepulauan Seribu
Baca juga: Kepulauan Seribu salurkan santunan Rp314 juta ke ratusan warga
Baca juga: Warga Kepulauan Seribu mulai terima BLT dari PT Pos Indonesia

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022